Unsyiah Jalin Kerjasama dengan Unimed

20.02.2018 Humas

Sebanyak 30 orang perwakilan Universitas Negeri Medan (Unimed) berkunjung ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk menjalin kerjasama. Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dan diterima oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng di kantor Pusat Administrasi Unsyiah, Selasa (20/2). Kerja sama ini meliputi bidang penelitian dan publikasi, bidang pendidikan dan pengajaran, serta bidang pengabdian kepada masyarakat.

Prof. Syawal mengatakan selain untuk menjalin kerja sama, kunjungan ini untuk melihat lebih dekat cara Unsyiah dalam melakukan percepatan publikasi ilmiah dan riset. Selain itu juga untuk mempelajari sistem integrasi administrasi yang berbasis komputerisasi di Unsyiah

“Perkembangan publikasi Unsyiah sangat signifikan, begitu juga portal eLearning dan sistem akademik yang sudah terintegrasi dengan sistem IT yang baik. Dan itulah alasan kami datang kemari,” ujar Prof. Syawal.

Prof. Samsul menyambut baik kunjungan dan kerja sama kedua universitas. Ini sejalan dengan semangat Unsyiah yang sedang melakukan peningkatan di berbagai bidang, termasuk di antaranya bidang penelitian dan publikasi internasional bereputasi. Ia juga menambahkan, saat ini Unsyiah memiliki Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK), sebagai pusat pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. UPT TIK juga berperan mengembangkan infrastruktur server, jaringan, hingga berbagai aplikasi untuk kepentingan civitas akademika Unsyiah.

“UPT TIK kita merupakan salah satu yang terbaik saat ini. Banyak aplikasi online yang telah diciptakan, seperti proses kepangkatan, aplikasi KRS berbasis android, serta aplikasi perpustakaan.”  

Terkait bidang pengabdian kepada masyarakat, Prof. Samsul mengatakan Unsyiah menyediakan skim pendanaan penelitian yaitu skim Emergency Research. Skim ini diperuntukkan untuk penelitian yang dibutuhkan oleh daerah serta membutuhkan solusi cepat.

“Kita harapkan permasalahan dalam masyarakat yang ditemukan oleh tim Unsyiah di lapangan bisa sama-sama kita cari jalan keluarnya. Intinya, sekecil apapun join riset yang kita lakukan harus ada manfaatnya.”

Hadir dalam penandatangan MOU tersebut, Wakil Rektor I, Ketua Senat, Kepala Biro, Kepala UPT, dan para Dekan. Seusai penandatanganan kerja sama, rombongan Unimed juga melakukan kunjungan ke UPT Perpustakaan Unsyiah.(mks)