Unsyiah Kembali Raih Penghargaan Kemenristekdikti

06.12.2018 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali meraih penghargaan apresiasi Program Perguruan Tinggi Asuh dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Penghargaan ini diserahkan di Jakarta, Rabu (5/12) yang diterima langsung oleh Prof. Dr. Marwan, M.Eng selaku Wakil Rektor Unsyiah Bidang Akademik.

Unsyiah dinilai berhasil menjalankan Program Hibah Asuh PT Unggul dalam memberikan pembinaan dan membantu meningkatkan mutu perguruan tinggi yang belum berkembang di Indonesia. Penilaian ini dilihat dari usaha Unsyiah yang membantu meningkatkan nilai akreditasi institusi dan program studi terhadap perguruan tinggi yang dibinanya. Selain itu juga membantu meningkatkan penerapan sistem jaminan mutu internal serta eksternal.

Ketua Tim Pelaksana PT Asuh Unsyiah, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric. Sc., Jumat (12/7) mengatakan keberhasilan ini tidak terlepas dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang telah Unsyiah terapkan dan kembangkan selama ini. Model ini merupakan best practices yang diberikan Unsyiah berdasarkan pengalamannya dalam meningkatkan mutu, meraih akreditasi A, serta masuk dalam jajaran Universitas terbaik nasional.

“Program ini sangat diperlukan oleh perguruan tinggi swasta yang memerlukan dorangan dalam meningkatkan mutu akademi, mutu pelayanan, dan akreditasi prodi atau institusi,” ujarnya.

Dalam Program PT Asuh tahun ini, Unsyiah membina 21 program studi di lima perguruan tinggi swasta di Aceh. Kelima PTS tersebut adalah Universitas Iskandar Muda, Akademik Manajemen Ilmu Komputer-AMIKI (Banda Aceh), Universitas Gajah Putih (Takengon), STKIP Bina Bangsa Meulaboh, dan STIE Nasional-Lhoksemawe.

Aman menambahkan prestasi ini merupakan yang keduakalinya diraih oleh Unsyiah. Sebelumnya di tahun 2017, Unsyiah juga mendapatkan penghargaan yang sama karena telah berhasil membina dua perguruan tinggi, yaitu Universitas Jabal Ghafur (Sigli) dan Universitas Serambi Mekkah (Banda Aceh). Ia berharap dari program ini dapat membuat perguruan tinggi semakin mandiri dan mampu menciptakan budaya mutu, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan.

Selain Unsyiah, penghargaan ini juga diberikan kepada Universitas Brawijaya, Universitas Mercu Buana, Universitas Kristen Petra, dan Universitas Gadjah Mada. (fer)