Unsyiah Latih Mahasiswa Peka Media

10.11.2014 Humas

Demi menunjang pendidikan kehumasan serta kepekaan terhadap media, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan pelatihan jurnalistik dan fotografi bagi puluhan mahasiswa dari semua fakultas di lingkungan Unsyiah, Minggu (9/11). Acara ini dipusatkan di gedung Perpustakaan Unsyiah lantai 3. Pelatihan ini menghadirkan dua pemateri dari dua media besar di Indonesia, Arif Ramdan (Serambi Indonesia) dan Adi Warsidi (Tempo). Acara ini menitikberatkan pada cara mengolah dan mencari berita, sekaligus pengelolaan sebuah media massa. Para mahasiswa turut diperkenalkan dengan berbagai jenis tulisan untuk memperkaya ilmu jurnalistik.

Selain itu, Unsyiah mengharapkan, pelatihan ini mampu menciptakan mahasiswa yang mempunyai jiwa kritis dan juga solutif. Juga, mahasiswa nantinya menjadi mitra Humas Unsyiah dalam mengabarkan dan menyosialisasikan setiap kebijakan institusi.

Menurut Arif Ramdan, media mempunyai peran penting dalam memengaruhi dan membangun opini masyarakat maupun mahasiswa. “Media memiliki peran sebagai perpanjangan tangan untuk berbicara dengan publik. Sehingga, publik dapat mengetahui setiap aktivitas institusi.”

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, selain dititikberatkan pada pendidikan media, para peserta juga diajarkan memahami fotografi jurnalistik. Pelatihan fotografi jurnalistik berlangsung di hari kedua, Senin (10/11), yang menghadirkan Tarmizi Harva dan Chaidir Mahyudin. [fht-be]