Unsyiah Pamerkan Budaya Aceh di Korea Selatan

08.11.2017 Humas

 

Delegasi Universitas Syiah Kuala yang terdiri dari Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI), Dr. Muzailin Affan, M.Sc, Wakil KUI, Dr. Miftahuddin, tiga staf KUI, enam belas anggota Dharma Wanita Unsyiah, serta lima mahasiswa jurusan Sendratasik mengunjungi Korea Selatan pada tanggal 23-27 Oktober 2017. Ini merupakan kunjungan balasan Unsyiah terhadap kunjungan delegasi University of Nations (UofN), Jeju, Korea Selatan ke Unsyiah pada tanggal 2 Mei 2016 lalu. Kunjungan ini bertujuan untuk menyelenggarakan kegiatan International Food Festival (IFF) di UofN dan melaksanakan kunjungan akademik ke berbagai universitas di Korea.

Kegiatan IFF diselenggarakan pada tanggal 24 Oktober 2017. Kegiatan ini menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman khas Aceh seperti mie Aceh, kanji rumbi, kue haluwa, kue bhoi, dan kopi khas Aceh. Pada kesempatan tersebut juga ditampilkan demo penyajian kopi dengan metode manual brewing. Para pengunjung juga dimanjakan dengan stand photo booth yang menyediakan baju tradisional Aceh.

Masyarakat Korea Selatan sangat tertarik dan antusias terhadap beragam kuliner dan budaya Aceh. Selain itu, acara juga dimeriahkan dengan beragam tarian Aceh, seperti tarian Guel, Mak Inang Pulau Kampai, dan tari kreasi Meugrob-grob. Tarian ini ditampilkan oleh mahasiswa Universitas Syiah Kuala.

Selain UofN, delegasi Universitas Syiah Kuala juga berkesempatan mengunjungi beberapa universitas di Korea Selatan, seperti Jeju National University, Induk University, dan Hanyang University. Selama kegiatan, delegasi ditemani oleh Ms. Lee Jung Hee, staf dari UofN, Jeju, Korea Selatan.