Unsyiah Raih Penghargaan PT Asuh Unggul dari Kemenristekdikti

08.12.2017 Humas

Universitas Syiah Kuala bersama empat universitas lainnya di Indonesia meraih Penghargaan Apresiasi Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Penghargaan ini diserahkan di Hotel Grand Sahid Jaya, DKI Jakarta, Selasa (5/12) yang diterima langsung Prof. Marwan selaku Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsyiah. Selain Unsyiah, penghargaan juga diberikan kepada Universitas Atmadjaya, Universitas Brawijaya, Univeritas Islam Indonesia, dan Universitas Mercu Buana.

Unsyiah dinilai telah memberikan kontribusi besar melalui Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul untuk mendukung peningkatan mutu perguruan tinggi swasta. Penilaian ini dilihat dari usaha Unsyiah yang membantu meningkatkan nilai akreditasi institusi dan program studi terhadap universitas swasta yang dibina.

Ketua Pusat Pengembangan Sistem Manajemen Mutu LP3M Unsyiah, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc., mengatakan penghargaan ini tidak terlepas dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang telah Unsyiah terapkan dan kembangkan selama ini. Sistem yang dijalankan selama ini terstruktur dan berkelanjutan dengan penguatan empat pilar utama, yaitu komitmen pemimpin, penguatan organisasi dan SDM, penguatan kebijakan dan standar mutu, serta penguatan program mutu dan pendanaan.

“Sistem ini telah menjadi model untuk peningkatan mutu perguruan tinggi dan mampu meningkatkan akreditasi,” ujar Aman.

Dalam Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul di tahun 2017, Unsyiah membina 30 program studi di Universitas Jabal Ghafur dan Univeristas Serambi Mekkah. Aman berharap dengan keberhasilan ini, Unsyiah semakin dipercaya Kemenristekdikti untuk membina perguruan tinggi swasta dalam peningkatan mutu pendidikannya. (fer)