Unsyiah Terima 20 Unit Komputer dari Kemenperin

17.12.2018 Humas

Sebanyak 20 unit komputer diterima Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) di Balai Senat Unsyiah, Jumat (14/12). Komputer ini diserahkan langsung oleh Direktur Industri Elektronika dan Telematik Kemenperin RI yang diwakili Asrin Noholo dan diterima Wakil Rektor Unsyiah Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas, Dr. Hizir Sofyan.

Dalam sambutannya, Hizir mengatakan bantuan komputer ini merupakan suatu kehormatan bagi Unsyiah. Menurutnya ini merupakan bentuk kepedulian Kemenperin RI dalam membantu pengembangan universitas dalam rangka memasuki era Revolusi Industri 4.0.

“Ini suatu kebanggaan, karena Unsyiah terpilih sebagai salah satu penerima selain dari lima universitas lainnya di Indonesia,” ujarnya.

Hizir pun berharap bantuan komputer ini dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi para civitas akademika, terutama mahasiswa. Komputer ini menjadi sarana penting bagi para mahasiswa untuk berlatih menjual hasil kreativitas yang telah dihasilkan.

Sementara itu, Asrin Noholo menjelaskan komputer yang diberikan ini merupakan hasil rancangan dalam negeri.

“Ini sebagai upaya dari Kementerian Perindustrian untuk mengampanyekan bangga menggunakan produk dalam negeri,” ujar Asrin.

Pemberian 20 unit komputer ini merupakan tindak lanjut kunjungan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, saat mengisi kuliah umum di Unsyiah pada Februari lalu. Saat itu, Airlangga berkomitmen mendirikan Sains Techno Park di Unsyiah.

Direncanakan 20 unit komputer akan digunakan untuk pengembangan inkubator bisnis serta mendukung teknologi informasi dan komunikasi di Unsyiah. (Humas Unsyiah/mr)