Unsyiah Tuan Rumah Pertemuan 71 Kampus Pertanian

03.10.2018 Humas

Humas Unsyiah - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melalui Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI) ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan 71 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Kegiatan yang berlangsung 2-3 Oktober ini berlangsung di Hotel Hermes, Banda Aceh.

Forum ini meliputi seminar dan lokakarya nasional membahas tentang  akselerasi inovasi dan teknologi untuk mewujudkan kedaulatan pangan berbasis sumberdaya dan kearifan lokal. Seminar ini menghadirkanSekretaris Dirjen Belmawa Kemristek Dikti, Prof. Dr. Rina Indiastuti, Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, M.T. diwakili Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh, Ir. Kacuk Sumarto, MBA dari GAPKI, dan  Prof. Dr. Bustanul Arifin dari PERHEPI.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., mengatakan saat ini sektor pertanian di Indonesia mengalami berbagai masalah, seperti keterbatasan lahan pertanian. Padahal Indonesia merupakan negara agraris yang sangat cocok untuk dikembangkan industri pertanian. Selain itu, menurut Rektor, Indonesia sebagai negara agraris sepatutnya memiliki kebijakan ekonomi yang merujuk pada sektor tersebut.

Rektor Unsyiah juga mengapresiasi terselenggaranya FKPTPI. Ia berharap forum ini dapat menjadi pertemuan yang memberikan peluang sinergi, sekaligus mengakselerasi inovasi di bidang pertanian. Terlebih lagi menurutnya, saat ini dunia sedang bersiap menghadapi era revolusi industri 4.0.

“Memasuki era revolusi industri 4.0, para akademisi universitas harus menjadi tumpuan harapan petani dan penggiat industri pertanian agar mereka mampu menghadapi revolusi tersebut”.