Unsyiah Wisuda 1.968 Lulusan

15.11.2017 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mewisuda 1.968 lulusan untuk periode Agustus-Oktober 2017 dalam dua gelombang di Gedung AAC Dayan Dawood Darussalam, Banda Aceh. Sebanyak 968 lulusan diwisuda pada Rabu (15/11), sedangkan 1.000 orang lagi di wisuda pada Kamis, (16/11).

Dalam sambutannya, Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng memberikan apresiasi yang tinggi kepada 201 lulusan Unsyiah yang meraih yudisium dengan pujian (cumlaude). Dengan berlangsungnya wisuda ini, maka jumlah lulusan jenjang sarjana, profesi, dan pascasarjana yang dihasilkan universitas “Jantong Hatee Rakyat Aceh” ini berjumlah 90.642 orang. Sedangkan lulusan diploma dari berbagai disiplin keilmuan sebanyak 26.233 orang. Secara keseluruhan jumlah alumni Unsyiah hingga hari ini telah mencapai 116.875 orang.

Rektor mengingatkan bahwa setelah lulus para alumni akan dihadapkan dengan tantangan dunia kerja dan kompetisi yang semakin ketat. Untuk itu, dibutuhkan karakter yang sangat kuat untuk memenangkannya. Terlebih lagi, daya saing Indonesia di pentas ekonomi dunia masih cukup lemah. Ini sesuai dengan laporan World Economic Forum dalam The Global Competitiveness Report 2017-2018 yang menempatkan Indonesia di posisi 36 dalam daftar peringkat daya saing dunia.

“Para lulusan tidak boleh berlama-lama larut dalam euforia keberhasilan studi. Segera susun rencana demi rencana untuk ke depan,” harap Rektor.

Selain itu, Rektor menambahkan jika saat ini, Unsyiah semakin berkembang dan telah disejajarkan dengan perguruan tinggi maju lainnya di Indonesia. Ada banyak prestasi dan peningkatan yang ditoreh dalam sepuluh tahun terakhir ini. Salah satunya adalah peningkatan signifikan dari Biro Akademik, Biro Perencanaan dan Humas, serta Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) yang berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2015 setelah diaudit oleh badan sertifikasi asal Jerman, PT TUV Rheindland Indonesia.

 Pencapaian ini menurut Rektor merupakan hasil dari kekompakan dan kesamaan visi, serta semangat kejujuran, keikhlasan, dan kebersamaan untuk membawa Unsyiah ke arah lebih baik. []