UPT Kewirausahaan Gelar Seminar Nasional

04.10.2018 Humas

Humas Unsyiah - UPT Kewirausahaan Unsyiah bekerja sama dengan HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Cabang Banda Aceh menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan dengan tema ”Berwirausaha Untuk Membangun Negeri’ di Auditorium FKIP Unsyiah, Rabu (3/10).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, DR. Ir. Alfiansyah Yuliannur, BC., mengatakan saat ini tuntutan menjadi pengusaha merupakan sebuah keharusan. Terlebih saat ini pesaingan dunia kerja semakin kuat. Menurutnya jika lulusan perguruan tinggi tidak menyiapkan dirinya dengan baik, maka akan sulit untuk bersaing.

Sementara itu, Ketua Umum BPP HIPMI, Bahlil Lahadalia, mengatakan jika kunci menjadi seorang wirausaha adalah menyadari potensi diri serta melihat peluang yang ada di sekitar. Ini penting agar setiap pegiat usaha dapat menghasilkan produk yang baik.

“Dengan menjadi pengusaha, kita dapat mengambil peran besar dalam menopang perekonomian Indonesia. Hal ini terlihat saat krisis ekonomi di mana pengusaha UKM mampu bertahan,” ujarnya.

Bahlil juga menambahkan menjadi pengusaha dapat membantu pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan serta menumbuhkan kemandirian ekonomi. Untuk itu, ia berharap perguruan tinggi dapat mengambil peran untuk menciptakan mahasiswa berjiwa entrepreneur dengan memberikan pelatihan serta membantu permodalan

“UPT Kewirausahaan harus mengambil peran lebih untuk memberikan pelatihan kewirausahaan dan membantu mengakses permodalan, sehingga para mahasiswa akan menjadi pengusaha muda,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua UPT Kewirausahaan Dr. Drh. M. Hanafiah, MP, Rektor HIPMI PT H. Said Aldi Al Idrus, ketua HIPMI Cabang Banda Aceh Nazaruddin Yusuf, Anggota HIPMI Pusat dan Aceh serta Dekan Fakutas Ekonomi Bisnis UIN.