Unsyiah Perkuat Peran PPID

29.12.2016 Humas

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas Unniversitas Syiah Kuala, Dr. Nazamuddin, SE., MA., mengatakan Unsyiah akan memperkuat peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Hal tersebut disampaikannya pada Sosialisasi Penguatan PPID di Balai Senat Unsyiah, Jumat (23/12).

Nazamuddin berharap kehadiran PPID dapat mengoptimalkan pelayanan informasi yang telah berjalan baik di Unsyiah. Sebab menurutnya, mengelola informasi secara sistematis memberikan dampak bagi Unsyiah, salah satunya pencapaian nilai akreditasi. Bahkan ke depan, Unsyiah berencana membuka pelayanan satu pintu agar masyarakat dapat mengakses informasi dan menyampaikan pengaduan.

“Pengelolaan informasi yang baik bukan hanya bermanfaat bagi publik, tetapi juga bagi internal Unsyiah termasuk dalam pencapaian nilai akreditasi,” ujarnya.

Dijelaskan, struktur PPID Unsyiah melibatkan jajaran pimpinan Unsyiah mulai rektorat hingga fakultas. Beberapa universitas di Indonesia juga telah menerapkan PPID seperti di Universitas Indonesia, Universitas Brawjiaya, UGM, ITB, dan Universitas Andalas.

PPID merupakan pengelola yang berwenang mengumpulkan, menyediakan, menyimpan dokumentasi, serta memberikan layanan informasi sesuai anjuran pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang kewajiban badan publik. Sosialisasi ini turut melibatkan Dekan Fakultas, Kepala Biro, Kepala Lembaga, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT).