Kerjasama Universitas Syiah Kuala dengan Aarhus University

Kerjasama Universitas Syiah Kuala dengan Aarhus University

21.11.2014 admin

Difasilitasi oleh Kepala Perwakilan RI/Dubes LBBP di Denmark Prof. Dr. H. Bomer Pasaribu, Rektor Universitas Syiah Kuala menandatangani nota kesepakatan kerjasama Capacity Building, Green City/Smart City antara Unsyiah dengan Universitas di Denmark dan Pemerintahan Kota Aarhus, Yaitu Arhus University, Denmark. Pada tanggal 21 November 2014, Kerjasama tersebut meliputi :

  1. Kerjasama akademik pembangunan kapasitas, akademik dan teknologi.
  2. Kerjasama di bidang pengembangan Smart City, Green City, Green Port/Buildings, Smart Metering untuk air, listrik, dan pengelolaan sampah dalam konsep Kemitraan Pemerintah-Swasta(Public-Private Partnership).
  3. Kunjungan walikota Aarhus ke Provinsi Aceh pada mei 2015

Peluang kerjasama ini perlu disambut baik, mengingat Aarhus University mempunyai keunggulan riset di bidang-bidang tersebut di atas dan kota Aarhus adalah kota yang maju di bidang efisiensi energi dan desain/arsitektur bangunan. Unsyiah akan membentuk Satuan Tugas Bersama(Joint Task Force) antara Unsyiah dan Kota Banda Aceh untuk menindaklanjuti kerjasama dimaksud, karena ini merupakan bagian dari kesepakatan dari pertemuan di Unsyiah pada tanggal 20 Oktober 2014 yang lalu.