Penyerahan Hibah Peralatan Penelitian Bencana Gempa  Dari Quake Finder

Penyerahan Hibah Peralatan Penelitian Bencana Gempa Dari Quake Finder

08.10.2014 admin

Pada hari Rabu, 8 Oktober 2014 telah dilakukan pertemuan antara perwakilan Quake Finder, sebuah lembaga penelitian dari Stellar Solutions Inc., Amerika Serikat dengan Rektor Universitas Syiah Kuala. Dalam pertemuan ini pihak Quake Finder diwakili oleh vice president, Mr. Thomas Edward Bleier dan stafnya, Mr. Roberto Balajadia Camins. Sementara itu dari pihak Universitas Syiah Kuala dihadiri oleh Rektor dan para pembantu rektor, serta Lembaga Penelitian, Kantor Urusan Internasional, pengelola Pusat Studi Veteriner Tropis (Pusvetrop/Centre for Tropical Veterinary Studies (Centrovets)) dan perwakilan perusahaan Tower Bersama.

Pertemuan tersebut bertujuan untuk merealisasikan kerjasama penelitian antara Quake Finder dengan Pusvetrop, Universitas Syiah Kuala yang diprakarsai oleh drh. T. Reza Ferasyi, MSc., PhD (Ketua Pusvetrop) dan Mr. Thomas Edward Bleier (vice president Quake Finder) dalam hal kolaborasi penelitian untuk pencarian metode alternatif peramalan gempa dan penyerahan hibah peralatan penelitian sebanyak empat (4) unit senilai USD 206,010 atau setara dengan 2.4 milyar rupiah. Sebagian besar dari peralatan penelitian ini adalah magnetometer system.

Dalam pertemuan tersebut Rektor Universitas Syiah Kuala Mengharapkan agar kerjasama yang akan berlangsung selama 5 tahun tersebut akan dapat membawa manfaat bagi kedua pihak. Khususnya, bagi Unsyiah dapat meningkatkan keahlian dosen untuk penelitian dalam bidang terkait dan menambah jumlah publikasi internasional. Selain itu, Rektor juga menyampaikan bahwa pemilihan tempat penelitian di Aceh sangat tepat karena merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana gempa. Sehingga akan sangat memperkaya data yang dibutuhkan dalam rangka merancang metode alternatif peramalan gempa. Unsyiah sendiri telah menetapkan penelitian bidang kebencanaan sebagai salah satu bagian road-map penelitiannya ke depan.

Sebagai realisasi kerjasama tersebut, pihak Quake Finder juga sudah menempatkan logo Unsyiah di web-sitenya (https://www.quakefinder.com/community/partners/). Dalam pelaksanaan penelitian, pihak Quake Finder bersama dengan Pusvetrop akan menempatkan ke-empat unit magnetometer system di empat lokasi, yaitu di kawasan Lhok Nga, Lamno, Lhok Kruet dan Teunom. Ke semua alat tersebut akan ditempatkan di sekitar tower yang dimiliki oleh perusahaan Tower Bersama. Untuk perizinan penempatannya, pihak Quake Finder telah melakukan kerjasama secara terpisah dengan perusahaan tersebut.

Data yang diperoleh dari penelitian ini akan dibagikan kepada siapa saja yang berminat untuk melakukan analisis guna memperkaya khasanah ilmu peramalan gempa di masa yang akan datang. Bagi yang ingin memperoleh data tersebut dapat menghubungi pihak Pusvetrop Unsyiah.