Pemko Banda Aceh Siap Dukung MTQMN Unsyiah

27.05.2019 Humas

Panitia Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) 2019 Unsyiah, Rabu (22/5), beraudiensi dengan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. Dalam pertemuan di Pendopo Wali Kota kawasan Blangpadang, Aminullah antara lain menyatakan Pemko Banda Aceh sangat mendukung MTQMN Ke-16 yang akan berlangsung di Kampus Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, 28 Juli-4 Agustus mendatang.

Panitia MTQMN yang beraudiensi tersebut terdiri atas Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC (Ketua Umum), Drs M Nasir Ibrahim (Wakil Ketua II), Nashrillah Anis SE MM (Wakil Ketua IV), Dr Zulkarnain Jalil MSi (Koordinator Humas dan Publikasi), Dr drh Hanafiah (Ketua Bidang Expo), Lulusi ST MT (Bidang Transportasi), dan Drs Amiruddin MKes (Bidang Akomodasi).

Menurut Aminullah, pihaknya sangat mendukung kegiatan itu karena sejalan dengan program Pemko yang saat ini sedang menggalakkan kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri. Bila 2.000-an peserta MTQMN yang akan hadir nanti mendapat pelayanan dan keramahtamahan yang baik dan berkesan, lanjut Wali Kota, saat pulang ke daerah masing-masing mereka tentu akan menceritakan tentang Banda Aceh. Hal ini, kata Aminullah, jauh lebih besar manfaat dan pengaruhnya bagi perekonomian daerah dalam jangka panjang.

Secara khusus, Wali Kota menyatakan beberapa item yang perlu menjadi perhatian panitia pelaksana even tingkat nasional itu seperti pengelolaan sampah dan ketersediaan air di lokasi acara, tempat pemondokan peserta, dan tempat-tempat di sekitarnya.

Khusus masalah sampah, Wali Kota menyatakan bersedia membantu menyiapkan petugas kebersihan untuk pengelolaan/pengambilan sampah terutama di lokasi pemondokan kafilah dan lokasi perlombaan dalam lingkungan kampus Unsyiah selama MTQMN berlangsung. “Soal ketersediaan air akan dikoordinasikan dengan PDAM Tirta Daroy,” ungkapnya.

Nanti, tambah Wali Kota, pihaknya juga akan menyiapkan jamuan khusus bagi para tamu yang terdiri atas dewan hakim dan para pimpinan kafilah/perguruan tinggi peserta MTQMN dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum MTQMN Ke-16 Tahun 2019, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC, berharap Pemko Banda Aceh ikut serta dalam kegiatan expo (pameran). “Expo ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan produk-produk usaha kecil/menengah maupun potensi lain yang dimiliki Banda Aceh kepada peserta MTQMN dari seluruh Indonesia, maupun kepada pengunjung kegiatan ini,” jelas Alfiansyah dalam audiensi tersebut.

Menyahuti permintaan panitia, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melaksanakan rapat koordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk membahas masalah tersebut. Menurutnya, panitia MTQMN juga akan diundang dalam rapat dimaksud.