Rektor USK Lantik Tiga Dekan Baru

25.01.2022 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN.Eng melantik tiga Dekan baru untuk masa bakti 2022 – 2026 di Loby Gedung AAC Dayan Dawood. (Banda Aceh, 24 Januari 2022).

Mereka yang dilantik adalah Prof. Dr. Muchlisin Z.A, S.Pi, M.Sc sebagai Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP), Dr. drg. Cut Soraya, M.Pd., Sp.KG sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan  Dr. Teuku Tahlil, S.KP. MS sebagai Dekan Fakultas Keperawatan (FKep).

Rektor dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada tiga Dekan baru USK tersebut. Rektor juga berharap, kepemimpinan mereka bisa membawa perubahan lebih baik bagi USK, yang saat ini sedang bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN BH).

Rektor mengungkapkan, USK sudah menjalankan kuliah secara tatap muka selama seminggu. Meskipun demikian, Rektor mengingatkan setiap pimpinan fakultas untuk mengawasi kegiatan perkuliahan ini dengan baik. Mengingat pandemi Covid-19 ini masih belum berakhir serta munculnya varian baru omicron.

“Kita harus tetap waspada, protokol kesehatan harus tetap kita jaga. Proses pendidikan harus tetap berjalan, tapi kita juga tidak ingin kampus ini melahirkan cluster baru dari wabah ini,” ucap Rektor.

Pada kesempatan ini, Rektor juga berpesan kepada tiga dekan baru tersebut. Untuk Dekan FKG, Rektor mengingatkan untuk terus meningkatkan mutu pendidikannya, yaitu dengan mendorong program studi yang ada untuk meraih akreditasi ungggul. Seperti  Prodi Sarjana Kedokteran Gigi yang lebih dulu meraih unggul.

Selanjutnya Dekan Fkep, Rektor berpesan untuk terus memacu para dosennya yang statusnya sudah Lektor Kepala untuk dapat segera meraih profesor. Rektor mengakui, meskipun FKep masih tergolong fakultas baru namun publikasi ilmiah dari fakultas ini sebenarnya sangat baik. Oleh sebab itu, fakultas ini sangat potensial untuk melahirkan profesor baru.

Lalu Dekan FKP, Rektor mengungkapkan USK sangat bangga karena Dekan FKP saat ini adalah salah satu saintis terbaik dunia. Selama ini kepemimpinan Prof. Muchlisin juga telah banyak membawa perubahan yang cukup signifikan bagi fakultas ini.

Oleh sebab itu, Rektor berpesan agar ketiga Dekan baru ini dapat melaksanakan amanahnya dengan semangat yang telah menjadi jati diri USK selama ini, yaitu kejujuran, keikhlasan dan kebersamaan.

“Selama ini kita telah membuktikan, semangat kejujuran, keikhlasan dan kebersamaan ini telah membawa USK berkembang sangat baik seperti sekarang. Untuk itu, saya ingin hal ini terus menjadi prinsip kita dalam bekerja,” ucap Rektor.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua dan Sekretaris Senat USK, para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro dan Lembaga serta tamu undangan lainnya dalam jumlah terbatas.