USK Berhasil Lampaui Target Jumlah Profesor

12.01.2022 Humas

Sepanjang tahun 2021 Universitas Syiah Kuala berhasil mengukuhkan sebanyak 27 profesor baru dari berbagai disiplin ilmu. Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU.,ASEAN mengatakan, dengan jumlah tersebut, maka perguruan tinggi ini berhasil mencapai target jumlah profesornya di penghujung tahun 2021. (Banda Aceh, 10 Januari 2022).

“Target kita, USK memiliki 100 profesor sebelum tahun baru ini. Alhamdulillah, berkat kerja keras dan komitmen bersama, akhirnya target tersebut tercapai. Saat ini USK sudah memiliki 104 profesor,” ucap Rektor.

Adapun 104 orang  profesor tersebut tersebar pada beberapa fakultas di USK. Rinciannya adalah 31 orang berada di Fakultas Teknik, 15 orang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 13 orang berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Lalu 12 orang berasal dari Fakultas Pertanian, 9 orang berasal dari Fakultas Kedokteran, 9 orang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 7 orang dari Fakultas Kedokteran Hewan, 5 orang berasal dari Fakultas Hukum, 2 orang berasal dari Fakultas Kelautan dan Perikanan, serta 1 orang dari Fakultas Kedokteran Gigi.

Rektor mengungkapkan, secara umum laju pertumbuhan profesor USK semakin baik dari tahun ke tahun. Hal ini setidaknya menjelaskan bahwa upaya USK untuk meningkatkan jumlah profesornya sudah berada di jalur yang tepat. Meskipun dalam rentang waktu yang sama USK juga kehilangan beberapa profesor. Baik karena purna tugas, ataupun meninggal dunia.

“Karena alasan itulah, saat ini USK hanya memiliki 104 orang profesor yang tersebar pada hampir seluruh fakultas di USK. Jumlah tersebut baru mencapai 6,5% dari jumlah total 1.566 orang dosen yang ada di USK,” ucap Rektor.


Meskipun demikian, Rektor optimis pada tahun ini USK dapat terus meningkatkan jumlah profesornya hingga mencapai 150 orang. Mengingat saat ini jumlah dosen USK yang memiliki jabatan fungsional lektor kepala cukup banyak. Jumlahnya mencapai 423 orang dan mereka sangat potensial untuk menjadi calon profesor dalam waktu dekat. Menariknya, sebagian besar dari mereka masih berada di usia yang cukup muda.

“Jika 20% saja di antara mereka mengusulkan kenaikan jabatan ke jenjang profesor, maka akan ada 80 orang profesor baru di USK,” ucap  Rektor.

Di sisi lain Rektor menilai, keberadaan jumlah profesor tersebut sangat penting. Tidak hanyak bagi USK secara institusi. Tapi turut serta bagi masyarakat secara luas. Sebab kepakaran yang mereka miliki dapat memberikan kontribusi penting bagi pembangunan, mendorong kesejahteraan masyarakat, serta menyelesaikan berbagai persoalan lainnya di masyarakat.
Oleh sebab itu, Rektor berharap doa dan dukungan masyarakat agar USK dapat terus menguatkan institusinya, sehingga mampu melahirkan semakin banyak profesor baru ke depannya.
 
“Selama ini kepakaran mereka telah memberi kontribusi penting bagi dunia. Untuk itu, kami mohon doanya agar mereka dapat terus mengharumkan nama USK di Indonesia, serta peta keilmuan dunia,” pungkas Rektor.