150 Mahasiswa Unsyiah Baksos di Jantho

11.03.2019 Humas

Sebanyak 150 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melakukan Bakti Sosial Terintegrasi di Desa Baroeh, Kota Jantho, Aceh Besar. Rombongan ini diterima langsung oleh Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, Jumat malam (8/3) di Kota Jantho.

Dalam sambutannya, Mawardi meminta para mahasiswa untuk dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, juga untuk dapat terus berinovasi mengikuti perkembangan dan kebutuhan zaman yang semakin maju.

"Pengalaman organisasi dan kegiatan di tengah-tengah masyarakat saat menjadi mahasiswa sangat membantu saya dalam bekerja selama hampir 2 tahun sebagai kepala daerah Aceh Besar. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini bersama-sama masyarakat, kembangkan inovasi sesuai kebutuhan masyarakat," ungkap Mawardi.

Sementara itu, Wakil Rektor III Unsyiah Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Alfiansyah Yuliannur, BC., menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Aceh Besar serta masyarakat Desa Baroeh karena telah menerima mahasiswa Unsyiah untuk mengabdi dan melakukan bakti sosial. Ia juga menceritakan kenangannya saat menjadi mahasiswa pengabdian di Desa Baroeh pada tahun 1986 silam.

"Sudah banyak sekali kemajuan di Desa Baroeh ini sejak kami mengabdi di sini dulu. Untuk itu bagi mahasiswa jadikanlah kesempatan ini sebagai sarana belajar, mendengar, bicara berbaur, dan membangun bersama masyarakat ," kenang Alfiansyah.

Program pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam Kegiatan Bakti Sosial Terintegrasi tersebut di antaranya, perbaikan tempat ibadah dan sanitasi lingkungan, pipanisasi, penyuluhan kesehatan dan bahaya narkoba, pelatihan skil ekonomi pemuda dan perempuan, serta kegiatan keagamaan dan pendidikan lainnya.

Turut hadir para Kepala OPD Aceh Besar, antara lain Kadis Pendidikan, Plt. Kadis Kesehatan, Kadis Perindustrian dan Kadis Pertanian yang telah menyusun program kegiatan untuk dilaksanakan bersama mahasiswa unsyiah hingga 11 Maret.