152 CPNS Unsyiah Ikut Orientasi

14.10.2019 Humas

Sebanyak 152 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Universita Syiah Kuala angkatan 2018, yang terdiri dari tenaga pendidikan dan dosen mengikuti kegiatan orientasi yang dilaksanakan sejak tanggal 14 – 18 Oktober 2019 di Gedung AAC Dayan Dawood. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Marwan. (Senin, 14/10).

Marwan dalam sambutannya menucapkan selamat kepada para CPNS yang telah berhasil melewati serangkaian seleksi yang panjang. Keberhasilan ini, ungkap Marwan, harus disyukuri dengan melaksanakan tugas dengan baik serta penuh tanggung jawab.

Para PNS Unsyiah juga harus terlibat dalam upaya merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kehadiran saudara di Unsyiah diharapkan memberikan kontribusi yang nyata, sehingga kampus ini bisa berkembang lebih baik lagi,” ucap Marwan.

  

Selain itu, Marwan mengajak pegawai Unsyiah tersebut terutama dosen untuk menguasai Bahasa asing seperti Bahasa Inggris. Sebab di era sekarang, Bahasa asing memiliki peranan penting dalam upaya penguatan daya saing institusi.

Menurut Marwan, ada tiga manfaat penting jika seorang dosen mampu menguasai Bahasa Inggris. Pertama, ia memiliki kesempatan yang lebih luas dalam menjalin interaksi. Kedua, memperluas wawasan ataupun ilmu pengetahuan. Ketiga, penguasaan Bahasa Inggris bisa menambah rasa percaya diri dalam kegiatan akademik.

“Untuk itulah, silakan manfaatakan satu tahun pertama ini untuk belajar menguasai Bahasa Inggris. Dengan skill ini pula, bisa mendorong dosen dalam menulis jurnal bereputasi,” ujar Marwan.

Kegiatan ini mengangkat tema, “Mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang Mempunyai Pengetahuan, Disiplin, Loyalitas dan Tanggung Jawab yang Baik serta Mampu Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0”. Dari 152 orang tersebut, terdiri dari 5 orang tenaga pendidikan dan 147 orang dosen.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Biro Umum dan Keuangangan Unsyiah, Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, Dekan FISIP, serta Dekan Fakultas Pertanian.