OIA Unsyiah Gelar Diskusi Ringan Study in China

13.05.2019 Humas

Kantor Urusan Internasional (OIA) Unsyiah menggelar diskusi ringan terkait kuliah di Cina. Kegiatan ini berlangsung di Ruang VIP Gedung Dayan Dawood Darussalam, Unsyiah, Kamis (9/5).

Dalam pemaparannya, Reza Fahlevi, yang hadir sebagai salah satu pemateri mengatakan jika kuliah di luar negeri bukan hanya sekadar melanjutkan studi, tetapi juga dapat membuka pandangan baru.

Cina saat ini menurutnya, sedang bergerak maju. Terlebih lagi Cina sedang mengembangkan jalur sutra yang menghubungkan negara tersebut dengan berbagai negara lainnya di dunia.

“Ini merupakan peluang besar bagi kita untuk terlibat dalam persaingan dunia,” ujar alumni FISIP Unsyiah yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Wuhan, Cina.

Lebih lanjut, Reza menjelaskan jika bukan hanya perusahaan saja yang menyediakan beasiswa, tetapi juga pemerintah Cina. Salah satunya adalah  beasiswa Chinese Government Scholarship. Beasiswa ini diberikan secara luas dan terbuka untuk seluruh warga dunia, terutama bagi negara yang menjalin kerja sama dengan Cina atau tergabung dalam jalur sutra. Biasanya pendaftarannya dibuka setiap awal tahun.

Selain itu, juga terdapat beasiswa Chinese Local Government Scholarship yang berasal dari Provinsi di Cina, beasiswa Chinese University Program yang berasal dari berbagai universitas, hingga beasiswa yang berasal dari kementerian.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh OIA ini bertujuan membangun semangat para mahasiswa Unsyiah untuk melanjutkan studi ke luar negeri.