Unsyiah memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke 36 dengan Tanam Pohon

17.03.2019 Humas

Universitas Syiah Kuala bersama sejumlah organisasi lain memperingati Hari Bhakti Rimbawan yang ke 36 dengan melakukan penanaman pohon bersama. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas (IKA SKMA) dan Kodim 0101/BS dengan tema Gerakan Anak Bangsa Menanam Serentak (GERBANG MAS) bertempat di Neuheun, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar. (Sabtu, 16/3) .

Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Marwan mengatakan, bahwa kawasan yang menjadi tempat pelaksanaan penanaman pohon ini, merupakan kawasan tempat akan dibangun Kampus II Unsyiah. 
“Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat. Tempat ini akan menjadi bagian dari Unsyiah di masa mendatang yang akan  segera kita kembangkan,” kata Marwan.

Dalam sambutannya, Marwan membacakan pidato Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, yang mengatakan bahwa peringatan Hari Rimbawan kali ini mengangkat tema “Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”. Tema ini sejalan dengan semangat keberadaan serta jati diri rimbawan dalam pembangunan kehutanan dan lingkungan.
Ada tiga pola penanaman dalam gerakan tanam nasional sebagai langkah korektif atas gerakan-gerakan sebelumnya, yaitu: Penanaman oleh pemerintah dilakukan melalui rehabilitasi hutan dan  lahan, restorasi ekosistem gambut, pemulihan wilayah akibat bencana longsor dan banjir, pemulihan Karhutla (rehabilitasi tegakan).
Marwan juga menyebutkan, peringatan Hari Bhakti Rimbawan ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk melakukan refleksi, menggali inspirasi, motivasi, dan berbagai inovasi dalam kiprah kerja di bidang lingkungan hidup.
Rimbawan adalah sosok yang kuat dalam identitas, skill dan prespektif berpikir. Rimbawan juga sosok yang tangguh dan teguh, kuat dan disiplin, dalam bekerja.
Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, Wakil Rektor III Unsyiah Dr. Alfiansyah Yulianur BC, Ketua Umum PP IKA SKMA Ir. Mahyudin, SP.MP, Dandim 0101/BS, Kapolresta Banda Aceh, sejumlah unsur Muspika Masjid Raya serta mahasiswa Unsyiah.