195 Pegawai Unsyiah Terima Penghargaan Satyalancana

09.08.2019 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 195 orang pegawai Unsyiah. Pada kesempatan itu, Rektor juga memimpin pengambilan sumpah kepada 38 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Unsyiah di Gedung AAC Dayan Dawood. (Jumat,9/8).

Rektor dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa 195 pegawai Unsyiah mendapatkan penghargaan tersebut adalah mereka yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun di Unsyiah. Di mana 86 orang berasal dari Tenaga Pendidikan dan 109 orang dari dosen. Sementara untuk PNS yang diambil sumpahnya,  16 orang dari Tenaga Pendidikan dan 22 orang dari dosen.

Rektor mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pegawai Unsyiah yang telah mengabdi dengan penuh kesungguhan untuk membesarkan kampus ini. Peran mereka salama ini sangat berarti dalam upaya Unsyiah mewujudkan visi dan misinya.

Begitu pula kepada PNS Unsyiah yang baru, Rektor berharap mereka bisa bekerja dengan disiplin, berintegritas sehingga bisa memberikan pengaruh yang signifikan bagi kampus ini.

Rektor menilai, di era revolusi industri 4.0 ini Unsyiah harus bisa berubah. Sebab kondisi dunia saat ini sudah sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana pada era revolusi industri ini banyak pekerjaan yang hilang karena kemudahan teknologi serta kecepatan informasi.

Untuk itulah, kepada pegawai Unsyiah Rektor mengingatkan mereka untuk berubah. Baik secara pola kerja maupun kompetensinya, sehingga bisa mengikuti perkembangan zaman.

“Di era revolusi industri ini kondisi kita saat ini sudah sangat jauh berbeda. Hal ini menuntut kita untuk berubah. Jika tidak, maka kita akan terus tertinggal,” ucap Rektor.

Salah satu hal penting ditegaskan Rektor adalah bagaimana menanamkan integritas dalam diri mahasiswa Unsyiah. Sebab hal tersebut adalah sesuatu yang sangat bernilai. Menurut Rektor, di era ini kecerdasan saja tidak cukup tanpa dibarengi oleh moral yang baik.

“Kalau ilmu anak-anak kita bisa mencarinya sendiri. Di tangan mereka akses informasi itu mudah didapat. Tapi mengapa orang tua mereka mempercayakan Unsyiah untuk mendidiknya. Itulah yang harus kita pahami,” ucap Rektor.

Salah satu penerima penghargaan tersebut adalah Wakil Rektor III Unsyiah Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur, BC. Sementara Rektor Unsyiah yang turut mendapatkan penghargaan Satyalancana untuk masa pengabdian 30 tahun, akan diberikan oleh Menrsistekdikti di Jakarta.