200 Dosen USK Terima Subscription Kompas.id

15.12.2021 Humas

Sebanyak 200 dosen Universitas Syiah Kuala menerima subscription Kompas.id dari Djarum Foundation. Penyerahan 200 subscription ini dilakukan secara simbolik oleh Direktur Komunikasi Djarum Foundation, Mutiara Diah Asmara kepada Rektor USK, Prof. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., Asean.Eng. secara daring pada Jumat (10/12). Kegiatan ini merupakan implementasi dari Djarum Foundation Peduli Jurnalisme Berkualitas yang Hadir Bersama Kompas.id di 17 Perguruan Tinggi dari Sabang sampai Merauke.

200 subscription Kompas.id ini diberikan dosen USK yang telah dipilih sebelumnya untuk 1 tahun penggunaan. Proses subscribe langsung dilakukan ketika acara berlangsung dengan dipandu oleh Dikdik selaku Digital Marketing Harian Kompas.

Dalam kegiatan ini juga berlangsung seminar literasi digital bagi sivitas akademika USK yang yang pemaparannya disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra. Literasi digital yang disampaikan bertema “Banjir Informasi, Atas Hoax &Feak News”.

Terkait seminar literasi digital ini, Rektor USK mengatakan, perkembangan teknologi mempengaruhi kecepatan berita yang tersebar. Namun, sering kali disalahgunakan oleh masyarakat kita untuk menyebarkan berita yang tidak benar. Karena itulah literasi digital hasil terus dilakukan kepasa masyarakat, agar terhindar dari berita-berita bohong.

“Penyerahan subscription Kompas.id dari Djarum Foundation diharapkan dapat mampu meningkatkan minat baca kita, sekaligus dapat menjadi bahan pelajaran bagi kita untuk dapat menjadi bagian dari produk konten yang positif, kreatif, dan inovatif,” tutur Rektor.

Pihak Djarum Foundation berharap, agar apa yang mereka lakukan kali ini dapat menciptakan semangat, motivasi, dan inspirasi bagi sivitas USK baik dalam meningkatkan minat baca, merangsang minat menulis, dan yang terpenting meningkatkan kepekaan dalam memilah informasi dari media digital.

“Semoga kolaborasi ini bisa menjadi refleksi diri untuk menjadikan semangat, motivasi, dan inspirasi dalam menghadapi besarnya banjir informasi di era digital saat ini”.

Di akhir acara, Septa Inigopatria selaku Manajer Product development menyampaikan beberapa hal terkait ekosistem, fitur, dan cara menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan melalui Kompas.id.