Sembilan Mahasiswa FMIPA UNSYIAH Dikirim ke China

15.10.2019 Humas

Sebanyak sembilan orang mahasiswa S1 Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dikirim ke Wuhan, China, untuk mengikuti Program Mobilitas Mahasiswa (Student Mobility Program). Program ini berlangsung selama 12 hari sejak tanggal 12 Oktober kemarin.

Kesembilan mahasiswa yang dikirim tersebut diseleksi dari sekitar 1.700 orang mahasiswa aktif FMIPA saat ini. Seleksi dititikberatkan kepada prestasi akademik, prestasi ekstra kurikuler, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing, dan wawasan umum.

Wakil Dekan FMIPA  Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. rer. nat. Ilham Maulana menjelaskan bahwa Student Mobility Program adalah program khusus yang hanya ada di FMIPA UNSYIAH, yang mengirimkan mahasiswa ke luar negeri setiap tahun.

"Program ini bertujuan untuk membuka wawasan internasional para mahasiswa, memberikan mereka kesempatan untuk menikmati atmosfir pendidikan di berbagai perguruan tinggi dunia, serta memotivasi mereka untuk melanjutkan studi di luar negeri nantinya," lanjut Ilham.

  

Tahun ini merupakan tahun ketiga program ini, di mana seluruh mahasiswa yang lulus seleksi dikirim hanya ke China saja. Tahun lalu, tiga negara Asia menjadi tujuan program ini, yaitu Jepang, Taiwan, dan Thailand.

Tahun ini, para mahasiswa akan melakukan berbagai kegiatan di tiga Universitas ternama di Wuhan, yaitu China University of Geoscience, Wuhan University of Technology, dan Huazhong University of Science and Technology. Beberapa kegiatan mahasiswa FMIPA di sana adalah mengikuti proses pembelajaran di kelas, kunjungan ke fasilitas laboratorium, pertemuan dengan beberapa professor, serta pertemuan dengan organisasi Kemahasiswaan lokal dan internasional.

"Kita sedang menjajaki untuk membuat program ke Turki dan Australia tahun depan. Insya Allah Turki sudah positif, tinggal Australia, mohon doanya," ujar Ilham menutup pembicaraan.

FMIPA mengalami kemajuan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Selain proses belajar mengajar, salah satu hal yang sangat signifikan mengalami kemajuan di FMIPA adalah fasilitas gedung baru serta berbagai instrumentasi laboratoriumnya.