2.429 Peserta SMMPTN Ikut Ujian di USK

29.06.2021 Humas

Sebanyak 2.429 peserta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat tahun 2021 mengikuti ujian di Universitas Syiah Kuala. Proses seleksi untuk masuk perguruan tinggi melalui jalur yang terakhir ini, dilaksanakan mulai tanggal 28 Juni – 7  Juli 2021. (Banda Aceh, 28 Juni 2021).

Khusus untuk USK, pelaksanaan SMMPTN dilaksanakan sampai tanggal 30 Juni 2021. Di mana setiap harinya ada dua sesi ujian. Untuk diketahui, SMM PTN-BARAT 2021 merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat.

Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama di bawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT.

Tujuan penyelenggaraan SMM PTN-BARAT 2021 adalah untuk memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri. Di mana mereka memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi 17 (tujuh belas) perguruan tinggi yang tergabung dalam program SMM PTN-BARAT.

Lalu, SMMPTN juga untuk menyeleksi secara bersama yaitu calon-calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

Kepala Humas USK Chairil Munawir mengatakan, pada tahun ini USK menerima 7.620 mahasiswa baru melalui tiga jalur seleksi yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan SMMPTN Barat ini.

“Pada SMMPTN kali ini, USK masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mengingat pandemi Covid-19 masih belum berakhir,” ucap Chairil.

Selanjutnya, Chairil mengungkapkan, pada tahun ini USK menyediakan kuota untuk jalur mandiri sebesar 30%. Sementara untuk dua jalur lainnya yaitu SNMPTN) sebesar 25%  dan SBMPTN  sebesar 45%.

Untuk informasi lengkap terkait tahapan pendaftaran masuk perguruan tinggi ini, peserta dapat melihatnya pada website unsyiah.ac.id. Atau dapat menghubungi  Humas USK pada nomor 08116752000 dan Unit Layanan Terpadu (ULT) USK pada nomor 08116701962.