292 Mahasiswa USK Ikut PMM di Seluruh Indonesia

09.08.2022 Humas

Sebanyak 292 Mahasiswa Universitas Syiah Kuala siap untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) semester ganjil 2022/2023 pada 194 perguruan tinggi di Indonesia. Mahasiswa PMM angkatan II ini dilepas oleh Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU di depan Kantor Pusat Administrasi (KPA) USK. (Banda Aceh, 9 Agustus 2022).

Seluruh mahasiswa PMM USK secara outbound ini akan studi di kampus tujuannya selama satu semester. Rencananya, para mahasiswa ini akan berangkat dalam sembilan kloter keberangkatan sesuai dengan jadwal/kalender akademik perkuliahan kampus penerima.
 
Agussabti dalam sambutannya menyampaikan dukungan serta doanya agar para mahasiswa ini mampu menjalankan kegiatan akademik di kampus tujuannya tersebut dengan baik.
Dirinya pun berharap, selama mengikuti perkuliahan di kampus tujuan tersebut mereka mampu beradaptasi dengan baik, dan memperoleh banyak pengalaman berharga untuk pengembanga baik hard skill maupun soft skill.

“Sebab dalam kegiatan ini, mahasiswa dapat saling bertukar kapasitas, kreativitas serta mengenal nilai-nilai budaya setempat. Semua itu tentu akan menjadi pembelajaran yang sangat berharga,” ucapnya.
 

Untuk itulah, Agussabti juga mengingatkan, agar mahasiswa USK dapat juga mengenalkan nilai-nilai USK secara lebih luas selama berada di sana. Serta mampu menjaga nama baik USK dengan sikap atau prilaku yang baik dalam berinteraksi.

“Karena USK ini di Aceh, dan Provinsi Aceh telah dikenal sebagai daerah Serambi Mekkah. Maka, jangan sampai kita membawa contoh yang bertolak belakang dengan nama tersebut,” pesannya.

Selain mengirimkan mahasiswanya pada berbagai perguruan tinggi di Indonesia melalui program PMM ini, USK dalam waktu dekat juga akan menerima sebanyak 90 mahasiswa PMM dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti program tersebut di kampus ini. Rencananya, mahasiswa PMM secara inbound tersebut akan tiba di USK dalam dua kloter yaitu sekitar tanggal 11 – 14 Agusutus 2022.

Turut hadir dalam kegiatan pelepasan mahasiswa ini Wakil Rektor III USK Prof. Dr. Mustanir, M.Sc, Para Kepala Biro, Ketua Lembaga Pengembanga Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Para Kepala Program Studi dan lainnya.