USK Gelar Workshop IMT-GT Uninet Strategic Action Plan 2022-2026

02.08.2021 Humas

Universitas Syiah Kuala (USK) menjadi tuan rumah dalam The First Workshop for 2nd IMT-GT University Network Strategic Action Plan (UNINET USAP) 2022-2026, Jumat (30/7). Workshop ini digelar melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh seluruh anggota Uninet di tiga negara, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Acara diawali oleh sambutan dari chairman IMT-GT Uninet, yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencaan dan Hubungan Masyarakat, Dr. Hizir.

Dalam sambutannya, Hizir menyampaikan apresiasinya terhadap capaian dari IMT-GT Uninet beberapa tahun terakhir ini.

“Meski dalam dua tahun ini kita dalam situasi yang sulit akibat pandemi covid-19, tetapi kita tetap aktif bahkan berhasil menjalankan berbagai program yang sudah direncakan”, kata Hizir.

Dalam pertemuan kali ini, tambah Hizir, kita akan berdiskusi terkait program dan rencana baru yang akan dijalankan Uninet dalam lima tahun kedepan. Hizir berharap, semua anggota Uninet bisa terus berkolaborasi untuk menjalankan program yang saat ini sedang disusun bersama.

Selanjutnya, Dr. Muzailin Affan yang merupakan Kepala Office International Affair USK memberikan report terkait progress dari implementasi program kerja Uninet selama tahun 2017 sampai dengan 2021. Muzailin juga menyampaikan isu-isu yang akan diangkat sebagai acuan penyusunan program kerja Uninet kedepannya.

Agenda terakhir dari workshop ini adalah diskusi grup. Seluruh partisipan dibagi ke dalam empat grup dan setiap grup akan membahas strategi dan action dari empat isu yang digagas. Keempat isu yang dibahas meliputi transformasi ekonomi yang berkelanjutan, transformasi social yang bersifat inklusif, penelitian terapan yang inovatif, dan solusi untuk masyarakat yang berkelanjutan.

Acara ini ditutup dengan masing-masing grup memaparkan strategi dan action dari masing-masing isu yang dibahas untuk kemudian dijadikan program kerja utama IMT-GT Uninet tahun 2022-2026.