USK Beri Insentif untuk Mahasiswa MBKM

23.06.2022 admin

Universitas Syiah Kuala  terus memperkuat program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di kampus ini. Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah dengan  memberikan insentif bagi mahasiswa yang melaksanakan program MBKM. (Banda Aceh, 23 Juni 2022).

Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si menjelaskan, pemberikan insentif ini merupakan bagian dari program MBKM USK Unggul, yang tujuannya adalah agar mahasiswa di kampus ini lebih bersemangat menjalankan program MBKM.

“Jadi ini bentuk dukungan USK kepada mahasiswa. Karena kita tahu, MBKM ini adalah program yang sangat efektif untuk mendorong kreativitas dan inovasi mahasiswa,” ucap Agussabti.

Rencananya, program MBKM Unggul USK ini akan di-launching secara resmi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dan Rektor USK pada tanggal 15 Juli 2022 nanti.

Agussabti mengungkapkan, program ini diberikan kepada mahasiswa USK yang telah memasuki  semester ≥ 5 atau angkatan 2019 dan 2020. Lalu mahasiswa tersebut harus sudah lulus dengan jumlah SKS ≤ 128, termasuk skripsi dan TA.

Selain itu, mahasiswa yang ingin mengajukan untuk program insentif ini tidak sedang menerima hibah dari sejenis MBKM lainnya. Seperti Kampus Mengajar, PKKM, dan lainnya.

“Untuk kegiatan MBKM kelompok, proposal kegiatannya harus telah disetujui oleh pembimbing dan disahkan oleh program studi,” ucap Wakil Rektor I.

Adapun jumlah insenstif ini diberikan diberikan dalam dua bentuk. Pertama, insentif program individu mahasiswa dengan jumlah Rp. 2 juta/mahasiswa, yang akan diberikan kepada 4.211 mahasiswa.

Kedua, insentif program kelompok dengan jumlah mahasiswa 6 orang/kelompok. Jumlah insenstif yang diberikan sebesar Rp. 10 juta/kelompok, yang tersedia untuk 54 program studi.

Pendaftaran untuk program insentif MBKM ini telah dibuka secara online dari tanggal 23 – 30 Juni 2022. Informasi lengkap terkait program insentif ini dapat dilihat pada laman https://pmm.unsyiah.ac.id/ atau menghubungi program studi masing-masing.