692 CPNS Kemdikbudristek Ujian SKB di USK

04.12.2021 Humas

Sebanyak 692 Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk wilayah Aceh mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) mulai tanggal 4 – 5 Desember 2021 di Gedung ICT Center Universitas Syiah Kuala. (Banda Aceh, 4 Desember 2021).

Sekretaris Panitia Pelaksana kegiatan ini Fahrul Radhi, S.T., M.Pd menjelaskan, 692 CPNS tersebut berasal dari 4.396 peserta yang berhasil lulus pada ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 – 15 Oktober 2021 di USK.

Fahrul mengungkapkan, ujian SKB ini masih menggunakan Sistem Computer Based Tes (CBT). Di mana setiap harinya ada tiga sesi ujian. Oleh karena itu, ia mengingatkan kepada seluruh peserta yang mengikuti ujian pada tahap ini untuk memperhatikan betul seluruh persyaratan ujian.

Di antaranya adalah peserta wajib melaksanakan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 2 x 24 jam, atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1 x 24 jam dengan hasil negatif/non reaktif sebelum pelaksanaan ujian.

Selain itu, Fahrul juga mengingatkan syarat penting lainnya adalah peserta wajib hadir 90 menit sebelum ujian SKB CBT dimulai. Mengingat pada hari pertama pelaksanaan SKB ini, ternyata masih ada peserta yang datang terlambat sehingga ia tidak dapat mengikuti ujian.

“Jadi jangan sampai datang terlambat. Karena jika terlambat registrasi pada batas waktu yang ditentukan, maka sistem secara otomatis tertutup. Nah, yang rugikan peserta sendiri,” ucapnya.

Adapun materi SKB ini disesuaikan dengan bidang unjuk kerja. Misalnya, untuk kebutuhan dosen maka materinya adalah etika dan Tri Dharma Perguruan Tinggi, literasi Bahasa Inggris, penalaran dan pemecahan masalah, dan dimensi psikologi.

Sementara untuk kebutuhan tenaga kependidikan, maka materinya adalah literasi bidang Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Lalu literasi Bahasa Inggris, penalaran dan pemecahan masalah, serta dimensi psikologi.

Selanjutnya, khusus peserta yang mengambil formasi dosen maka mereka wajib mengikuti tahapan wawancara secara online. Tahapan wawancara ini akan dilaksanakan mulai tanggal 7 – 9 Desember 2021.