9.624 Peserta UTBK Ujian di USK

18.05.2022 Humas

Sebanyak 9.624 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022, mulai mengikuti ujian di Universitas Syiah Kuala pada hari ini tanggal 17 Mei 2022.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan  menjelaskan, pada ujian UTBK kali ini USK telah menyediakan 14 titik lokasi ujian dengan 38 ruang ujian. Dari 9.624 peserta ujian tersebut, 7.727 peserta mengambil bidang Saintek dan Soshum, sedangkan 1.897 peserta mengambil bidang campuran.

Rektor turut memantau langsung pelaksanaan ujian masuk seleksi calon mahasiswa baru tersebut pada beberapa titik lokasi ujian. Pada kesempatan ini, Rektor menyampaikan selamat mengikuti ujian kepada peserta dan berharap mereka dapat mengikuti ujian ini dengan baik.

“Tetap fokus dan tenang, serta tak lupa berdoa. Mudah-mudahan mereka dapat mewujudkan cita-citanya untuk kuliah pada prodi atau PTN yang telah dipilih,” ucap Rektor.

Selanjutnya, Rektor mengungkapkan bahwa sarana dan prasarana USK sudah sangat siap untuk menyukseskan pelaksanaan ujian seleksi mahasiswa baru ini dengan mematuhi protokol Covid-19. Begitu pula dengan ketersediaan SDM, di mana seluruh pengawas dan teknisi ujian telah mendapatkan vaksin booster atau hasil negatif antigen. USK juga turut menyediakan Tim Medis yang stand-by pada dua lokasi ujian (UPT. TIK dan Fakultas MIPA), dengan Rumah Sakit Umum Prince Nayef sebagai rumah sakit rujukannya.

“Pelaksanaan ujian ini juga telah mendapatkan rekomendasi dan koordinasi dari Satgas Covid-19 Kota Banda Aceh. Karena kita telah berkomitmen, kesehatan dan keselamatan setiap orang yang berada di kampus ini harus selalu menjadi prioritas, ” ucap Rektor.

Ujian UTBK ini dilaksakan dalam dua gelombang. Gelombang I dimulai dari 17 – 23 Mei 2022 dan untuk UTBK gelombang II akan dimulai dari tanggal  30 – 31 Mei 2022.

Terkait hal ini, Rektor kembali mengingatkan, agar seluruh peserta ujian dapat memperhatikan dengan cermat seluruh persyaratan ujian. Termasuk di antaranya untuk hadir 30 menit sebelum ujian dilaksanakan.