Anggota DPR RI Lakukan Pertemuan dengan Kelompok PWMP Unsyiah

28.07.2020 Humas

Kementarian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) telah membentuk 34 kelompok  Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) di Universitas Syiah Kuala. Pembentukan ini telah dimulai sejak tahun 2016. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang juga anggota Komisi X, Muslim SHI, MM., mengatakan WMP dibentuk untuk mendorong sekaligus memotivasi para mahasiswa agar berani berwirausaha di bidang pertanian.

“Para penerima WMP dapat memberikan spirit dukungan, sebab di luar sana ada ribuan wirausaha muda yang bergerak di bidang pertanian. Kalian harus bisa menjadi motor penggerak bukan hanya di Unsyiah, tetapi juga di Aceh,” ujar Muslim saat melakukan pertemuan dengan kelompok PWMP di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh , Selasa (28/7/2020).

Unsyiah menurutnya, harus menjadi induk penggerak kampus di Aceh dalam menjalankan program PWMP. Unsyiah harus mampu menjadi pilot projek dan menjadi pelopor pengembangan dunia pertanian. Untuk itu, Dibutuhkan kerja sama dan komunikasi agar program ini berjalan maksimal dan didukung bukan hanya pemerintah pusat, tetapi juga pemerintah daerah.

Muslim berharap Pemerintah Aceh dapat mendukung program ini. Bukan hanya memberikan modal usaha, tetapi juga ruang gerak pelatihan dan pendidikan, sehingga para wirausaha muda ini dapat mengikuti magang di luar negeri.

Rektor Unsyiah, Prof. Samsul mengatakan, dunia pertanian saat ini semakin dinamis. Banyak penerapan teknologi yang digunakan untuk memaksimalkan hasil pertanian. Perubahan ini harus mampu diikuti, terlebih lagi Aceh memiliki potensi pertanian yang besar. Lahan luas dan suburnya tanah merupakan potensi yang harus mampu digarap maksimal. Ia berharap hadirnya kelompok PWMP di Unsyiah mampu membawa dunia pertanian di Aceh semakin baik.

Dalam pertemuan ini juga turut diserahkan nota kesepahaman antara Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dan Kepala BPPSDMP, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr ini, fokus dalam penguatan politeknik lingkup Kementerian Pertanian melalui pengembangan tridarma perguruan tinggi. (Humas Unsyiah/fer)