BAN-PT Asesmen PPG FKIP USK

04.05.2021 Humas

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan asesmen Pendidikan Profesi Guru pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Kegiatan secara daring ini dilakukan mulai tanggal 23 – 24 April 2021 oleh Tim Asesor BAN  PT yaitu Dr. Udik Budi Wibowo, M.Pd. dan Dr. Susilahati, M.Si. (Banda Aceh, 5 Mei 2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Marwan. Dalam sambutannya Prof. Marwan menyampaikan rasa terima kasih kepada tim Asesor BAN-PT yang telah meluangkan waktunya untuk kegiatan AL PPG FKIP USK ini.

“Saya berharap Program Studi ini mampu melaksanakan Asesmen secara maksimal dan memperoleh hasil yang terbaik,” ucap Prof. Marwan.

Pelaksanaan AL ini tim Asesor juga melakukan wawancara dengan berbagai pihak yang terlibat dalam Pendidikan Profesi Guru. Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Dr. Saminan Ismali, M.Pd. menyampaikan, bahwasanya jumlah guru yang belum mendapatkan Sertifikat Pendidik di Aceh lebih kurang 12.000 orang.

“Keberadaan PPG di Universitas Syiah Kuala merupakan salah satu yang sangat membantu untuk menciptakan guru yang professional,” ucap Dr. Saminan.

Ketua PPG FKIP USK, Dr. Yeni Marlina, M.Pd menjelaskan,  PPG FKIP USK telah mendapatkan izin operasional penyelenggaraan sejak tahun 201. Lalu pada tahun 2018 melalui Keputusan Menristek Dikti Nomor 767/KPT/I/2018, PPG FKIP USK resmi menjadi sebuah program studi.

“Dalam rentang waktu tersebut, PPG FKIP USK untuk pertama kalinya diasesmen lapangan (AL) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” ungkapnya.

Untuk itulah, Yeni berharap PPG FKIP USK bisa mendapatkan hasil terbaik dari asesmen ini.

“Sehingga nantinya  semua pelayanan yang diberikan oleh PPG FKIP USK selama ini berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan profesionalisme guru di Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini turut hadireh para pimpinan FKIP USK, Satuan Penjamin Mutu FKIP USK, Dosen, Guru Pamong, Pihak Pengguna, Tenaga Kependidikan, Pustakawan, Mahasiswa dan Alumni.