BEM Fakultas Pertanian Gelar Webinar Nasional Wujudkan Petani Milineal

09.11.2020 Humas

BEM Fakultas Pertanian Unsyiah menggelar webinar nasional pada tanggal 7 November 2020.  Dalam sambutannya Dekan FP Unsyiah Prof, Dr. Ir. Samadi, M.Sc mengatakan kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian. Fakultas Pertanian Unsyiah merupakan salah satu perguruan tinggi mitra yang aktif dalam program tersebut.
“Mahasiswa harus mampu menjadi pengusaha  tangguh setelah menyelesaikan studi dan bersedia menjadi petani milineal yang kreatif dan inovatif,” uajr Prof. Samadi.
Kegiatan ini menghadirkan Billy  Mambrasar, Staf Khusus Presiden RI. Dalam pemaparannya, Billy menyebutkan bahwa sektor pertanian selama ini sering  ditinggalkan dan dianggap bottom pyramid. Oleh karena itu, sektor pertanian harus dapat digeluti juga oleh anak muda atau para milineal. Apalagi saat ini pemerintah melalui Kementerian Pertanian mempunyai program menciptakan 2,5 juta petani milineal. 
“Unsyiah harus dapat menciptakan teknologi dan riset pertanian, sehingga sektor ini dapat unggul. Terlebih lagi sektor ini mampu bertahan dalam pembangunan dan menghadapi Covid-19,” ujar Billy.
Lebih lanjut, ia mencontohkan New Zealand dan Belanda yang mampu sukses sebagai pengekspor produk pertanian, intensifikasi, dan mendorong penggunaan IT secara terintegrasi. Kedua negara itu juga mampu merekrut anak-anak muda menggeluti bidang pertanian berbasis teknologi. 


Pemateri lainnya, Dr. Ir. Syaifullah Muhammad, M.Eng   menceritakan tentang keunggulan nilam Aceh dan peran Atsiri Resaearch Center (ARC). Ia juga mengajak generasi milineal untuk terlibat aktif dalam membangun ARC. Hal Ini merupakan salah satu upaya dalam menciptakan generasi yang kreatif dan inovatif, papar pimpinan ARC. 
Selanjutnya Owner Minyeuk Pret Daudy Sukma, SE memaparkan tentang pentingnya wirausaha minyak nilam yang harus digeluti petani milineal. Anak muda Aceh harus optimis, produktif, inovatif dan kreatif untuk menghasilkan produk turunan pertanian termasuk dari atsiri. 
Pada sesi akhir Duta Petani Milineal Kementerian Pertanian RI  Graha Abadi Pasyaman, S.P. memaparkan tentang Peluang dan Tantangan Generasi Petani Muda Kedepan. Dalam pemaparannya Duta Petani Milineal menekankan generasi petani muda (petani milineal) harus mampu berperan dalam mensejahterakan petani dan memantapkan ketahanan pangan. 
“Selain itu tantangan terbesar tentu saja dalam hal menekuni bidang kewirausahaan yang harus ditekuni oleh petani milineal,” pungkas Graha Abadi Pasyaman, S.P.
 Secara keseluruhan acara Webinar Nasional 2020 yang diketuai oleh Ketua Pelaksana Muhammad Ramadhani berlangsung dengan sangat sukses dan diikuti 500 peserta. Dalam acara tersebut antusias peserta sangat luar biasa pada sesi tanya jawab kepada semua pemateri. Panitia pelaksana diakhir acara juga menyediakan 6 paket door prize untuk memeriahkan acara Webinar Nasional 2020 tersebut.