BEM FKep USK Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia

14.10.2021 Humas

Dalam rangka memperingatan hari Kesehatan Mental Sedunia, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (FKep USK) menyelenggarakan kegiatan National Mental Health Webinar, pada 10 Oktober 2021.

Webinar merupakan salah satu program kerja Departemen PSDM BEM FKep USK dalam bentuk webinar. Kali ini terbuka untuk umum di seluruh Indonesia. Program ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para peserta tentang pentingnya kesehatan mental, dan bagaimana caranya agar bisa keluar dari masalah yang mungkin menjadi stressor dalam diri setiap orang.

Kegiatan ini mengusung tema  "Inequality in Mental Health Services. What Should we do?". Dua pemateri yang mengisi webinat ini, Ns. Hasmila Sari, M.Kp., Sp.Kep.J yang merupakan seorang dosen keperawatan jiwa di FKep USK, bersama Ns. Muhammad Armiyadi, M.Sc, seorang perawat di salah satu rumah sakit jiwa di Banda Aceh.

Webinat tersebut diikuti sebanyak 251 dari berbagai Provinsi di Indonesia. Ns. Hasmila Sari menyampaikan, pentingnya menjaga kesehatan mental, terutama di masa pandemi saat ini. "Dukungan Rohani menjadi salah satu hal penting yang dapat membantu untuk menyelesaikan stressor yang ada," jelasnya.

Sesi penyampaian materi di akhiri dengan diskusi dengan kedua pemateri, yang dipandu oleh moderator melalui zoom meeting. Menurut WHO, tujuan keseluruhan dari peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat dunia akan masalah kesehatan mental.

Untuk diketahui, peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia dipelopori oleh maraknya isu bunuh diri di seluruh dunia. Adapun isu tersebut termasuk isu kesehatan mental selain depresi, frustasi, dan gangguan jiwa lainnya.