BPJS Ketenagakerjaan Siap Sertifikasi Mahasiswa Magang USK

16.06.2022 Humas

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan siap untuk memberikan sertifikasi kepada mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang melakukan kegiatan magang di institusi tersebut. (Banda Aceh, 16 Juni 2022).

Hal ini disampaikan oleh Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Abdur Rahman Irsyadi pada acara penandatangan MoU dengan Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan di Balai Senat USK.

Abdur Rahman Irsyadi mengatakan, saat ini BPJS Ketenagakerjaan telah melakukan kerja sama dengan 21 perguruan tinggi di Indonesia termasuk USK. Kerja sama ini terkait kolaborasi dan sinergi dalam merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satu bentuk kongkretnya adalah program magang.

Terkait hal ini, Abdur Rahman Irsyadi  menjelaskan, program magang di  BPJS Ketenagakerjaan berlangsung selama 6 bulan atau 20 SKS. Selanjutnya, mahasiswa yang sudah magang ini berhak mendapatkan lisensi sertifikasi yang ujian sertifikasinya dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BPJS Ketenagakerjaan.

“Jadi mahasiswa USK nanti yang berkesempatan magang di sini, begitu lulus dia akan diberikan sertifikasi sebagai Praktisi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Ini akan menjadi nilai tambah dia saat mencari pekerjaan,” ucapnya.

Direktur BPJS Ketenagakerjaan ini mengungkapkan, kerja sama dengan USK ini merupakan kerja sama yang sangat strategis. Karena USK merupakan institusi pendidikan yang output-nya adalah meluluskan orang-orang yang siap bekerja atau menciptakan peluang kerja.

Ia pun menyampaikan apresiasi atas kontribusi USK selama ini. Di mana ada sekitar 50 orang alumni USK yang bekerja di BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia dan menduduki berbagai posisi yang strategis.

“Paling banyak alumni USK di Keuangan, ini artinya kontribusi USK yang cukup kuat dan ini hal yang patut kita syukuri,” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Rektor turut menyampaikan terima kasih atas terjalinnya kerja sama ini. Menurut Rektor, kemitraan seperti ini sangat penting bagi USK khususnya dalam menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Apalagi saat ini USK sudah mencanangkan program MBKM USK Unggul, yaitu dengan memberikan insentif kepada mahasiswa dalam menjalankan program kegiatannya.

“Kita sudah menargetkan ada 4.200 mahasiswa yang akan mengikuti program magang. Jadi kalau sudah ada tempat dengan BPJS ini, tentu akan memudahkan kami,” ucap Rektor.