Cegah Penularan Covid-19, Mahasiswa KKN Unsyiah Sosialisasi Door to Door dan Bagi-bagi Masker

26.06.2020 Humas

Mahasiswa KKN Unsyiah membagi-bagikan masker dan flyer edukasi kepada masyarakat termasuk penjual air kelapa dan air tebu di pinggiran jalan Nasional Meulaboh-Tapaktuan, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.

Rifani Nasron, mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah didampingi rekannya, Aulya Rahmawati, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis kepada Serambinews.com menginformasikan, aksi tersebut mereka lakukan sejak 8 Juni 2020 dan berakhir hingga dua hari lalu.

Melalui aksi ini, kata Rifani diharapkan bisa memutus rantai penularan Covid-19. Sasaran aksi mereka adalah kawasan Gampong Meureubo, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

“Kami juga melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah (door to door) dan juga pemasangan spanduk edukasi,” ujar Rifani dibenarkan rekannya, Aulya Rahmawati.

Dijelaskannya, mahasiswa KKN Tematik Covid-19 Unsyiah yang berasal dari kelompok 585 juga melaksanakan kegiatan pembagian hand sanitizer, disinfektan, dan minuman herbal untuk meningkatkan imun tubuh masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Dalam penilaian Rifani dkk, salah satu kelompok yang sangat rentan tertular virus berbahaya itu adalah para pedagang, seperti penjual air kelapa dan air tebu di sepanjang Jalan Nasional Meulaboh-Tapaktuan.

“Saat melakukan aktivitas jual beli, pedagang sering tidak menggunakaan masker sehingga potensi penyebaran virus sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Karenanya kelompok pedagang ini menjadi salah satu sasaran kami,” ujar Rifani.