CENTROVETS-OHCC USK Gelar One Health Student Club Batch 3

14.09.2022 Humas

Pusat Riset Center for Tropical Veterinary Studies-One Health Collaboration Center (CENTROVETS-OHCC) Universitas Syiah Kuala  melaksanakan kegiatan dengan format One Health Student Club (OHSC), mulai tanggal 9 – 11 September 2022.

Kegiatan OHSC tahun 2022 ini merupakan Batch-3, yaitu kelanjutan dari kegiatan serupa yang sudah dilaksanakan pada tahun 2020 dan 2021. Dalam OHSC Bathc-3 ini juga melibatkan mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di lingkungan USK, baik bidang kesehatan maupun non-kesehatan.  

Koordinator CENTROVETS-OHCC USK sekaligus Dekan FKH USK drh. Teuku Reza Ferasyi, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini menjelaskan, tujuan utama wadah ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan mahasiswa tentang penerapan konsep OH dan membentuk pola pikir mahasiswa sebagai agent of change.

Sebab menurutnya, saat ini masalah kesehatan disebabkan oleh berbagai faktor yang sangat kompleks. Di antaranya adalah timbulnya permasalahan global, seperti kemunculan dan peningkatan penyakit infeksi baru pada hewan dan manusia secara cepat dan menembus lintas negara.

Hal ini juga didukung oleh peningkatan populasi manusia, penyusutan habitat satwa liar, perdagangan satwa liar ilegal, polusi, hilangnya keanekaragaman hayati, serta resistensi antimikroba (AMR).

Oleh karena itulah, dirinya menilai perlunya menciptakan generasi muda yang sadar ancaman serta risiko masalah kesehatan di masa mendatang yang mampu berkolaborasi dengan baik dalam mencari solusi.

“Situasi ini tentu menuntut perhatian dan keterlibatan semua pihak, baik di sektor kesehatan maupun sektor lainnya secara bersama dalam konsep one health,” ucapnya.

Secara khusus melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa yang terlibat dapat berpikir multisektoral dengan melihat penyebab dan cara penanggulangan bencana non-alam, seperti ancaman penyakit infeksi melalui penguatan kolaborasi dan kapasitas multi-disipilin dan multi-sektoral dalam menghadapi dan menyelesaikannya.

Adapun materi dalam kegiatan ini diisi oleh para narasumber yang terdiri dari drh. Awaluddin (Centrovets-OHCC USK), drh. Masda Admi, M.Si. (FKH USK), Dr. drh. Siti Gusti Ningrum (FKH UWKS), drh. Azrina, M. S (FAO), Dr. Ir. Dzarnisa, M.Si (Ketua ISPI), Niken Salindri, S.Gz (INDOHUN), drh. Wahid Fakhri Husein (FAO), dan dr. Ichsan, M.Sc., SpKKLP (FK USK).

Program manager CENTROVETS-OHCC USK drh Awaluddin dalam materinya menyampaikan,  bahwa Kelas OHSC bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan mahasiswa tentang konsep One Health, meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang penerapan konsep One Health dan penanggulangan masalah kesehatan.

Kegiatan OHSC Batch-3 ini terlaksana atas dukungan dan kerjasama Centrovets-OHCC USK, Pimpinan USK, INDOHUN, Kemendikbudristek, SEAOHUN dan USAID. Setelah menyelesaikan kelas tersebut, para mahasiswa juga akan dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk melaksanakan program student OH project.