CIMSA Fakultas Kedokteran USK Gelar Exchange The World

13.05.2022 Humas

Dalam rangka memeriahkan exchange fair, Center for Indonesian Medical Student’s Activities (CIMSA) Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) mengadakan kegiatan ETW (Exchange the World) yang di mulai dari tanggal 16 – 17 April 2022.

Adapun kegiatan ETW terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, seperti podcast yang diisi oleh dr. Agung Prabowo dari SCOPE dan Karen Lolinhandary dari SCORE, air campaign yang meliputi frequently asked questions (FAQ) di Instagram Story. Serta country trivia dari negara Brazil, Jerman, dan Prancis,.

Lalu  roadshow universitas, pre-activity training untuk Organizing Committees yang diisi oleh Salsabila selaku Vice National Exchange Officer for Internal Affairs SCOPE CIMSA Indonesia 2021-2022 dan Ayudra Fitrananda selaku National Officer on Research Exchange Assistant for Outgoing SCORE CIMSA Indonesia 2021-2022, serta webinar dan talk show.

Pada acara puncak kegiatan yang mengangkat tema, To the Infinity and Beyond the World ini, diadakan dalam bentuk webinar dan talk show secara virtual melalui Zoom Meeting. Adapun pada hari Sabtu, 16 April 2022 terdapat dua rangkaian acara yaitu webinar dan sharing session bersama NMO yang dimulai pada pukul 14.00 WIB dan dipandu oleh Sukma Ayu Dinda Haryani sebagai moderator.

Pada acara ini, President Chapter Bina Antarbudaya Banda Aceh, Ratu Aisyah Chairunisa mengisi webinar ETW (Exchange the World) dengan judul Conquer the World with Intercultural Learning. Dilanjutkan dengan sharing session dengan Nation Member Organization (NMO) yang dipandu oleh Zhafran Trashadi sebagai Master of Ceremony.

CIMSA mengundang empat orang pemateri, yaitu Mr. Maciej Lazarek sebagai National Officer on Research Exchange IFMSA Poland, Ms. Weronika Bihl sebagai Perwakilan National Exchange Team IFMSA-Poland, Mr. Egehan Devrim sebagai National Exchange Officer for Incoming TurkMSIC Turki dan Ms. Merve Kapucu sebagai National Exchange Officer-PRCA.

Pada sharing session ini, masing-masing perwakilan NMOs membahas mengenai sistem exchange SCOPE-SCORE di negara mereka, program sosial yang akan dilaksanakan selama pertukaran pelajar, persiapan sebelum mengikuti program exchange SCOPE dan SCORE, isu kesehatan di masing-masing negara dan sistem pendidikan kedokteran dari masing-masing negara serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, kemudian diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada pemateri dan dokumentasi.

Pada hari kedua, tepatnya Minggu, 17 April 2022 juga terdapat dua rangkaian acara yaitu webinar dan talk show bersama ex-outgoing yang dimulai pada pukul 09.00 dan dipandu oleh Ghina Tsurayya sebagai Master of Ceremony. Pada acara webinar terdapat Lakaeisya SY Lathifah selaku Local Exchange Officer for Outgoing dan Nailah Azka selaku Local Officer in Research Exchange sebagai pemateri dengan judul “Exchange? Get Ready!”. Sesi ini membahas perbedaan antara program exchange SCOPE & SCORE, mekanisme pendaftaran mengikuti program exchange SCOPE & SCORE, serta tips dan trik agar dapat lulus menjadi outgoing program exchange SCOPE-SCOPE.

Setelahnya disambung dengan sharing session bersama Ayu Arifta Putri sebagai SCORE ex-outgoing ke Romania dan Azzam Faiz., S.Ked. sebagai SCOPE ex-outgoing ke Turki. Sesi ini membahas terkait manfaat yang didapat selama menjadi outgoing, strategi untuk beradaptasi di lingkungan baru dan cara menghadapi culture shock, menceritakan pengalaman dan keseruan selama menjadi outgoing, serta motivasi untuk mengikuti program exchange SCOPE & SCORE.

“Tuntutlah ilmu tidak hanya sampai ke negeri Cina, tapi bahkan sampai ke Benua Eropa atau pun Benua Amerika. Dengan mengikuti exchange, kita dapat melihat dunia luar dan membuat wawasan kita lebih terbuka. Jika kita tidak memiliki hal yang baru dari diri kita sendiri, bagaimana kita bisa menjadi generasi yang bisa memajukan negara kita”, ucap Azzam Faiz., S.Ked.

If you never try, you will never know. Mumpung ada kesempatan untuk ikutan exchange, ayo ikutan. Kami sudah merasakan manfaatnya, dimana banyak manfaat yang didapatkan dari exchange, mulai dari mengubah pola pikir, dapat teman-teman baru, dan sambil jalan-jalan. Jadi tidak perlu takut atau pun ragu, mumpung ada kesempatan, boleh banget dicoba”, sambung Ayu Arifta Putri.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dan pengetahuan mahasiswa kedokteran dan masyarakat umum tentang program pertukaran mahasiswa serta keuntungannya, memahami tahapan dan mekanisme SCORE-SCOPE exchange, hal apa saja yang harus dipersiapkan sebagai calon outgoing, serta memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang intercultural learning sebagai modal belajar di luar negeri. Dengan dilaksanakannya ETW (Exchange the World), SCOPE dan SCORE CIMSA FK USK berharap dapat meningkatkan minat mahasiswa kedokteran untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa SCOPE dan SCORE di luar negeri serta meningkatkan pengetahuan mengenai mekanisme dan persiapan untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa tersebut.