CIMSA FK USK Edukasi Anak Panti Asuhan dengan Sustainable Living

14.06.2022 Humas

Dalam rangka memperingati Earth Day 2022, Centre for Indonesian Medical Student's Activities (CIMSA) Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) mengadakan kegiatan CHIRO X LASKAR: Children are the Next Earth's Heroes X Lapak Sehat Bersama SCOPH.

Acara CHIRO X LASKAR dengan topik Educational Campaign tentang konsep 3R dan Sustainable Living diadakan pada 4 Juni 2022 dalam bentuk Workshop dan Outbond dengan mengangkat Tema Invest in Our Planet. CHIRO X LASKAR terdiri dari dua agenda utama yaitu workshop berupa edukasi dan outbond dimana berisikan kegiatan mengumpulkan dan memilah sampah, mendaur ulang sampah, menanam pohon dan mencuci tangan serta edukasi tentang Sustainable Living yang dilakukan di Panti Asuhan YAKESMA.

Di waktu bersamaan, terdapat lapak dimana para pengurus panti dan penduduk sekitar dapat memeriksa tekanan darah dan gula darah. Agenda workshop dari acara ini membahas topik “Reduce, Reuse, Recycle as Environmental Care and Sustainable Living” oleh Risky Nopriyama sebagai representatif dari Environmental Innovator (EVATOR). Untuk kegiatan outbond sendiri diisi oleh para panitia dengan mengajarkan perbedaan sampah organik dan organik, cara mencuci tangan yang benar sesuai arahan dari World Health Organization (WHO).

Kegiatan ini dipandu oleh M. Imam Aulia sebagai Master of Ceremony dan pada edukasi dipandu oleh Naufal Ari Murthadha dan Bunga Risa Safita sebagai edukator memilah sampah dan mencuci tangan. Acara ini dimulai pada pukul 11.00 WIB dan dihadiri oleh 45 anak panti asuhan dan 30 orang warga sekitar. Pada workshop, pemateri membahas tentang cara menjaga bumi dan sebab akibat dari perilaku yang merusak bumi. Pada outbond, fasilitator membantu dan juga memfasilitasi anak-anak di panti asuhan dalam cara mendaur ulang sampah, menanam pohon dan mencuci tangan.

"Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai sarana dalam meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan awareness anak-anak di panti asuhan YAKESMA tentang cara menjaga kesejahteraan lingkungan sekitar mereka," kata Bunga Risa.

Dengan diadakannya CHIRO X LASKAR, SCORP CIMSA FK USK berharap, masyarakat umum khususnya anak-anak di panti asuhan YAKESMA dapat menginterpretasikan perilaku dalam menjaga kelestarian dan kesejahteraan lingkungan sebagai bentuk investasi di masa depan terhadap terjaganya bumi kita.