CIMSA FK USK Gelar Kompetisi Bahasa Inggris Tingkat Nasional

08.04.2021 Humas

Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Syiah Kuala (USK), kembali mengadakan kompetisi Bahasa Inggris, yaitu SECTION (SCOPE English Competition).  Kompetisi ini merupakan salah satu kegiatan besar dari divisi SCOPE (Standing Committee on Professional Exchange) CIMSA FK Unsyiah, yang berlangsung pada tanggal 27-28 Maret 2021 melalui Zoom.

Tahun lalu, perlombaan ini dikhususkan untuk siswa/i dan mahasiswa/i S1 di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Namun tahun ini, SCOPE CIMSA FK Unsyiah melebarkan cakupan peserta hingga seluruh Indonesia. SECTION tahun ini tidak hanya menyelenggarakan english british parliamentary open debate, tetapi juga menghadirkan beberapa lomba baru, seperti english speech competition dan english essay competition.

Local Coordinator CIMSA FK Unsyiah, Hibban Ar-Royyan menerangkan, kompetisi tersebut betujuan untuk meningkatkan kualitas para peserta dengan meng-update wawasan mereka mengenai pengetahuan umum, mengembangkan skill komunikasi dan advokasi para peserta, serta kiat-kiat dalam membentuk kerjasama tim, agar siap menghadapi dunia globalisasi kedepannya.

"Ini kali kedua CIMSA melaksanakan SECTION, banyak kesan berharga yang kami didapatkan, mulai dari awal persiapan hingga tahap evaluasi kegiatan. Semoga kegiatan ini akan terus berjalan dan berkembang tiap tahunnya.” ujar Hibban Ar-Royyan.

Ia menyampaikan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, cabang perlombaan english debate, pihaknya kembali mempercayakan Debating Union of Syiah Kuala (DUSK) sebagai juri . Kompetisi english debate tahun ini dimenangkan oleh Manda Bagas Kara dan Syafa Sabha Safira dari Universitas Lampung, disusul oleh Nico Fernando Tan dan Clara Jesica dari Institut Bisnis IT&B.

“Selain dari instansi tersebut, english debate ini juga diikuti oleh berbagai instansi lainnya, mulai dari SMAN 1 Takengon, Universitas Negeri Makassar, Universitas Riau, serta Universitas Syiah Kuala,” terangnya.

Sementara itu, kompetisi english speech berhasil dimenangkan oleh Nunki Puspita Utomo dari Universitas Kristen Duta Wacana, sedangkan untuk english essay dimenangkan oleh Fahrezi Isnul Muhammad dari Universitas Sam Ratulangi. Selain dari kedua universitas tersebut, kedua kompetisi ini juga diikuti oleh mahasiswa/i dari beberapa universitas lain di Indonesia, seperti Universitas Sumatera, Universitas Riau, serta Universitas Pelita Harapan.