CIMSA FK USK Rayakan Pekan Menyusui Dunia

11.08.2022 Humas

CIMSA FK Universitas Syiah Kuala (USK) bekerjasama dengan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) melakukan kegiatan Payung Putih Edukasi di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Minggu 7 Agustus 2022. Kegiatan ini bertujuan mengedukasi para ibu terkait ASI dan menyusui, hal ini bertepatan dengan perayaan Pekan Menyusui Dunia.

Kegiatan Payung Putih Edukasi ini dihadiri oleh sekitar 300 peserta dan terbuka untuk umum. Ketua AIMI Aceh, dr. Niken Asri Utami, Sp.OG (K), KFM, IBCLC mengatakan, pemberian ASI Eksklusif di Aceh masih sangat rendah.

Setelah melakukan edukasi, diadakan senam pijat oksitosin yang diikuti oleh seluruh kalangan pendatang di lapangan, bukan hanya ibu menyusui saja, tapi pelajar, para suami, dokter muda juga ikut memeriahkan senam tersebut sebagai bentuk dukungan kepada ibu menyusui.

Salah seorang pelaksana kegiatan, Siti Tamita Datachi mengatakan, kegiatan ini juga diberikan kesempatan untuk para ibu menyusui dan ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis di booth yang tersedia.

"Kegiatan Payung Putih Edukasi bukan hanya memberikan manfaat besar bagi para ibu menyusui, tetapi juga CIMSA FK USK sebagai mahasiswa kedokteran," ujar Siti Tamita.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan tersebut, para mahasiswa dapat lebih memahami terkait ASI, cara menyusui yang baik dan benar, serta keterkaitan antara pemberian susu formula dan kuantitas stunting di Aceh. Pemberian susu formula pada bayi hanya boleh diberikan oleh tenaga kesehatan dengan menuliskan indikasi pada rekam medis.

Hal ini diatur dalam Permenkes RI nomor 39 Tahun 2013 tentang susu formula bayi dan produk bayi lainnya. Pelanggaran terhadap Permenkes tersebut akan dikenakan teguran hingga pencabutan izin.

"Diharapkan dengan melakukan kegiatan ini, CIMSA, khususnya SCORA CIMSA FK USK dapat menjadi pelopor untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Aceh terkait pentingnya pemberian ASI eksklusif dalam mencukupi kebutuhan nutrisi bayi, sehingga dapat menurunkan kuantitas stunting di Aceh," imbuhnya.