CIMSA Unsyiah Gelar Kompetisi Bahasa Inggris Se- Banda Aceh dan Aceh Besar

11.03.2020 Humas

CIMSA (Center for Indonesian Medical Students’ Activities) Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kualam mengadakan kompetisi bahasa Inggris, yaitu SECTION (SCOPE English Competition). Kompetisi yang merupakan salah satu kegiatan besar dari divisi SCOPE (Standing Committee on Professional Exchage) CIMSA FK Unsyiah ini, berlangsung mulai tanggal 7 – 8 Maret 2020 di Fakultas Kedokteran Unsyiah. (Banda Aceh, 11/3/2020).

Peserta kompetisi ini terdiri dari 14 tim yang merupakan siswa/i SMA dan mahasiswa/i S1 di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Kompetisi ini betujuan untuk meningkatkan kualitas para peserta dengan meng-update wawasan mereka mengenai pengetahuan umum, mengembangkan skill komunikasi dan advokasi para peserta, dan kiat-kiat dalam membentuk kerjasama tim, agar siap menghadapi dunia globalisasi kedepannya.

SECTION terdiri dari dua rangkaian kompetisi, yaitu British Parliamentary Debate yang diikuti oleh siswa SMA dan mahasiswa, serta Battle of Brain (Cerdas Cermat Bahasa Inggris) yang dikhususkan untuk siswa SMA.

Kompetisi ini turut mengundang UDC (Unsyiah Debating Club) sebagai Juri dalam British Parliamentary Debate, yang mana UDC sudah sangat profesional dan berpengalaman dalam berbagai kompetisi debat, sehingga kompetisi ini dapat berjalan dengan baik.

Pada Kompetisi debat dimenangkan oleh Dini Satrina dan Sultan Rizky Muhammad (Juara 1), Hairil dan Misna Aura (Juara 2), Sultan Rizky Muhammad dan Ahmad Khairunnas (Best Speaker).

Peserta debat asal SMAN 3 Banda Aceh Tya mengatakan, kegiatan SECTION ini sangat menarik karena pada kompetisi debat ini ia melawan tim-tim yang jauh lebih berpengalaman. Hal tersebut membuat Tya benar-benar belajar banyak hal dari kompetisi ini.

“Seperti ini jarang ada di kompetisi lain dan semoga tahun depan acaranya lebih ramai lagi, gak cuma dari kalangan mahasiswa tapi juga siswa,” ujar Tya.

Selain kompetisi debat, Battle of Brain (BoB) juga ramai diikuti siswa/i SMA dalam beberapa tim. Para peserta sangat antusias dalam menjawab pertanyaan seputar  pengetahuan umum yang disajikan dalam Bahasa Inggris.

 Kompetisi BoB ini dimenangkan oleh Tim SMAN 10 Fajar Harapan (Juara 1), Tim SMAN 3 Banda Aceh (Juara 2), dan Tim SMA Methodist Banda Aceh (Juara 3).  Debby, peserta Bob aasal SMAN 3 Banda Aceh menilai, kompetisi ini cukup menantang dirinya.

“Kalau untuk BoB, seru banget sih, karena pertanyaanua tidak terlalu menguras otak, tidak seperti Cerdas Cermat biasa yang harus banyak berpikir,” ucapnya.

Debby pun mengapresiasi kinerja panitia pelaksana yang telah melaksankan kegiatan ini dengan baik, sekaligus berharap tahun depan event seperti ini bisa lebih baik lagi.