Delapan Mahasiswa USK Terima Beasiswa Amal Shalih

09.09.2021 Humas

Sebanyak delapan mahasiswa Universitas Syiah Kuala berhasil terpilih untuk menerima beasiswa Amal Shalih. Beasiswa tersebut diserahkan langsung oleh donatur serta turut disaksikan Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., ASEAN.Eng di Balai Senat USK. (Banda Aceh, 9 September 2021).

Pengelola Beasiswa Amal Shalih Mawardi Ismail, SH., M.Hum  menjelaskan, beasiswa Amal Shalih  adalah beasiswa yang diberikan oleh donatur yang merupakan Hamba Allah, yang tidak ingin disebut namanya. Karena itulah, beasiswa ini bernama Amal Shalih.

Pemberian beasiswa ini telah dimulai sejak tahun 2013. Sampai saat ini jumlah penerima manfaat beasiswa tersebut terus bertambah.  Di mana setiap tahunnya ada sekitar 13 – 15 orang penerimanya. Dan mereka umumnya berasal dari USK dan UIN Ar Raniry.

Pada kesempatan itu, Mawardi mengingatkan para penerima beasiswa ini untuk menjaga Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3. Sebab hal tersebut merupakan salah satu syarat bagi penerima beasiswa Amal Shalih ini.

Selain itu, Mawardi juga mengingatkan mahasiswa untuk tidak lupa memberikan konfirmasi jika beasiswa tersebut sudah masuk ke rekeningnya.

“Kami harap melalui beasiswa ini kalian bisa semakin termotivasi untuk menuntaskan pendidikan di USK. Beasiswa ini juga adalah cara kalian untuk membantu orang tua dengan cara yang elegan,” ucap Pakar Hukum USK tersebut.

Sementara itu, Rektor menyampaikan selamat kepada delapan mahasiswa yang menerima beasiswa ini. Rektor berharap, beasiswa tersebut dapat mereka manfaatkan sebaikmungkin selama menempuh pendidikan di USK.

Kepada para penerima beasiswa ini, Rektor juga mengingatkan agar mereka tidak hanya fokus pada pencapaian akademik. Tapi harus memperhatikan etika ataupun sikap baik kepada dosen, orang tua atau kepada siapapun dalam berinteraksi.

Dalam pertemuan ini, Rektor juga menceritakan pengalamannya saat menerima beasiswa dari Pemerintah Jepang. Cerita tersebut diharapkan mampu memotivasi mereka untuk terus giat belajar  demi mewujudkan cita-citanya.

“Alhamdulillah, beasiswa ini tentu bisa sangat membantu. Maka kalian harus semakin giat belajar, gunakan waktu sebaikmungkin agar kelak kalian bisa menjadi manusia yang berguna,” ucap Rektor.

Kegiatan ini dipandu oleh Kepala Biro Kemahasiswaan USK Dr. Drh. Mustafa Sabri, M.P, serta turut dihadiri Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan USK Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC.