Di Depan KIP, Unsyiah Paparkan Keberhasilan PPID

17.10.2019 Humas

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi PPID Universitas Syiah Kuala (PPID Unsyiah) memaparkan keberhasilan inovasi dan kolaborasi yang telah dilaksanakan dalam mendukung keterbukaan informasi publik. Pemaparan ini dilaksanakan dalam rangka evaluasi dan monitoring keterbukaan informasi publik oleh Komisi Informasi Pusat yang dilaksanakan di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Senin (15/10). Unsyiah diwakili oleh Dr. Hizir, selaku PPID Universitas yang didampingi PPID Pelaksanam Chairil Munawir MT.

Dalam penyampaiannnya, Hizir menjelaskan beberapa keunggulan dan keberhasilan yang telah dilakukan Unsyiah selama ini, seperti hadirnya website PPID, aplikasi PPID berbasis android, TV informasi, kanal Youtube UnsyiahTV, baliho, hingga pengelolaan media sosial.

“Inovasi yang dilakukan Unsyiah terus berkembang setiap tahunnya dan ini dilakukan untuk memudahkan penyampaian informasi dan dokumentasi yang dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

  

Sementara itu untuk kolaborasi, Unsyiah telah melakukan kerja sama dan koordinasi bersama Komisi Informasi Aceh dan Diskominfo Aceh terkait pertukaran informasi dan pendapat demi pelaksanaan PPID yang lebih baik. Hizir juga menegaskan Unsyiah terus memaksimalkan inovasi dan kolaborasi bersama instansi terkait untuk memaksimalkan pelayanan publik.

“Kita terus berusaha memberikan yang terbaik untuk publik dalam mengakses informasi dan dokumentasi Unsyiah,” lanjutnya.

Sementara itu, Kabag Humas Unsyiah, Chairil Munawir mengatakan, acara ini merupakan kegiatan tahunan KIP untuk melihat sejauh mana badan publik telah melakukan keterbukaan informasinya kepada masyarakat. Ini sesuai amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam perundang-undangan ini ditegaskan setiap badan publik wajib memberikan akses informasi dan dokumentasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat. (Humas Unsyiah)