Diploma Manajemen Agribisnis Unsyiah Perkuat Pembelajaran Berbasis DUDI

20.11.2020 Humas

Diploma Manajmen Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, sedang menyiapkan diri memperkuat pembelajaran berbasis Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Hal ini sejalan dengan Program Penguatan Perguruan Tinggi Vokasi yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi. (Banda Aceh, 16 November 2020).

Berdasarkan informasi dari laman Acehkita.com menyebutkan, persiapan yang dilakukan Diploma Manajemen Agribisnis Unsyiah adalah menggelar berbagai kegiatan. Di antaranya kerja sama Pembelajaran bersama DUDI, Sertifikasi Kompetensi Profesi, Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional untuk DUDI, Workshop Pembelajaran dan Magang, peningkatan fasilitas teaching factory dan teaching industry berbasis keunggulan daerah dan teknologi informasi.

Dalam salah satu agenda peguatan kerja sama DUDI yang bertepatan dengan ulang tahun Fakultas Pertanian Unsyiah, Prodi Manajeman Agribisis telah melakukan penandatangan kerja sama dengan DUDI KBQ Baburayyan, PT. Yakin Fasifik Tuna, Deputroe Coffee, IMM Productions, CV. Megah Tani,Pang Moed Café & Ekowisata, dan CV. LINK Hidroponik.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Marwan, mengatakan, output Program Penguatan Perguruan Tinggi Vokasi (PPPTV) akan menjadi salah satu bentuk penguatan pembelajaran yang nantinya dapat dikembangkan pada diploma yang di Unsyiah.

“Terutama untuk mahasiswa di Prodi Manajemen Agribisnis, salah satunya tersedia magang kerja, hal ini membutuhkan kerja sama dengan mitra yang terkait. Dua tahun kampus dan Satu tahun di industri. Ini akan berbeda dengan praktik lapangan yang hanya satu bulan,” katanya.

Program ini didesain untuk memberikan kesempatan mahasiswa lebih awal terlibat dalam dunia usaha dan meningkatan kemampuan dosen yang terkait. “Dengan adanya pembelajaran dan magang bagi mahsiswa akan memperkuat etos kerja, dan pengetahuan budaya organisasi yang dimiliki oleh lulusan,” kata Marwan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah, Prof. Samadi, juga menyampaian terima kasih kepada rektor Univeritas Syiah Kuala, Prof. Samsul Rizal, yang selalu mengapresiasi penguatan Program Studi dalam meningkatakan mutu pembelajaran dan lulusan.

“Dengan adanya program ini, tentunya dapat menunjang aktivitas di Fakultas Pertanian khususnya di program studi D3 yang sudah dilaksanakan sertifikasi bidang produksi dan penyuluhan. Ini salah satu outcome yang dapat mendukung indikator kinerja dari fakultas pertanian,” katanya.

Ketua Program Studi Manajemen Agribisnis, Akhmad Baihaqi, SP. MMA, ikut berterima kasih kepada DUDI sebagai mitra strategis dalam pengembangan SDM. “Keberhasilan program juga atas dukungan dan perhatian rektor, wakil rektor dan dekan, serta para doses,” katanya.

Pihaknya akan terus menambah kerja sama dengan DUDI terkait dengan pembelajaran prodi, sekaligus memperkuat link and match yang bermuara kepada kompetensi lulusan, fokus dunia kerja masa depan kompetensi dan daya saing.

Selain penguatan SDM dan pembelajaran melalaui PPPTV ini, Prodi D3 Manajemen Agribisnis Unsyiah juga memperoleh fasilitas hilirisasi kopi dan multimedia sebagai teaching factory dan teaching industry.