Dosen Unsyiah Resmi Pimpin IAI Aceh

25.03.2019 Humas

Tedy Kurniawan Bakri, M.Farm. Apt. yang juga dosen Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsyiah, resmi dilantik sebagai Ketua Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Aceh. Pelantikan ini dilakukan oleh Ketua Pengurus Pusat, Drs. Nurul Falah Edy Pariang, Apt. di Hotel Mekkah, Banda Aceh, Minggu (24/3).

Dalam sambutannya Tedy Kurniawan mengatakan akan mendukung berbagai program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Ia menyebutkan saat ini, jumlah apoteker di Aceh berjumlah sekitar 600 orang yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota. Mereka tergabung dalam 17 pengurus cabang. Jumlah ini menurutnya cukup untuk memenuhi kebutuhan pemerintah yang mewajibkan minimal satu apoteker di setiap Puskesmas.

“Kita berharap pemerintah dapat terus meningkatkan jumlah apoteker baik di Puskemas maupun rumah sakit, sehingga kualitas pengelolaan obat dan layanan farmasi dapat berjalan semakin prima,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat, Drs. Nurul Falah Edy Pariang mengatakan peran apoteker sangat dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan. Untuk itu, IAI akan terus mendorong pemerintah untuk menambah sumber daya apoteker di berbagai sarana kesehatan. Terlebih lagi tambahnya, berdasarkan Undang-undang, seluruh proses dari pembuatan pengadaan, pendistribusian obat, hingga monitor kualitas dan efek dari obat dan kosmetika merupakan tanggung jawab apoteker.

Dalam kesempatan yang sama turut dilantik 17 pengurus cabang IAI Aceh dan 3 himpunan seminat, yaitu Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit, Himpunan Seminat Farmasi Masyarakat, dan Himpunan Seminat Farmasi Distribusi.

Kegiatan ini turut dihadiri sekitar 200 peserta dari kabupaten/kota di Aceh, serta dilanjutkan dengan seminar nasional dan rapat kerja daerah. (Humas Unsyiah/fer)