Dosen USK Raih Penghargaan Ikon Prestasi Pancasila dari BPIP

06.12.2022 Humas

Dosen Universitas Syiah Kuala Dr. Syaifullah Muhammad berhasil meraih penghargaan Ikon Prestasi Pancasila dari Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP). Penghargaan tersebut diserahkan pada malam Penganugrahaan di Gedung Taman Budaya Yogyakarta pada 3 Desember 2022.

Penghargaan ini diberikan kepada 45 orang dari seluruh Indonesia. Keputusan tersebut berdasarkan Keputusan Kepala BPIP No. 105 Tahun 2022 tentang penerimaan Ikon Prestasi Pancasila 2022.

 Syaifullah Muhammad berhasil meraih penghargaan ini untuk katagori Sains dan Inovasi. Bersama dirinya, juga diberikan penghargaan serupa kepada Prof. Aridi Utarini dari Universitas Gajah Mada. Lalu Novalia Pishesa  yang merupakan peneliti senior di Society Fellow Harvard University. Kemudian, Prof. Raldi Artono Kostoer dari Universitas Indonesia dan lainnya.

Adapun keberhasilan Syaifullah meraih penghargaan ini tidak tidak lepas dari kiprah dirinya selama ini di Pusat Riset Atsiri atau Atsiri Research Center (ARC) USK. Melalui pusat riset tersebut, Syaifullah berupaya membangkitkan kembali kejayaan komiditi nilam Aceh.

Terkait penghargaan ini, Syaifullah menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap dirinya selama ini. Menurutnya, prestasi ini menjadi energi baru agar dirinya semakin termotivasi untuk terus berkarya, dan berkontribusi untuk masyarakat.

Lebih khusus, dirinya menilai prestasi ini juga milik teman-teman di ARC dan segenap sivitas akademika USK yang telah bekerja keras memajukan nilam Aceh.

“Alhamdulillah, prestasi ini menunjukan bahwa kerja keras kami selama ini untuk memajukan nilam Aceh ternyata mendapat apresiasi dari pemerintah,” ucapnya.

Selanjutnya, Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan turut menyampaikan selama dan rasa bangga terhadap pencapaian Syaifullah ini. Rektor mengakui, selama ini Syaifullah telah menunjukan komitmen dan kerja kerasnya melalui ARC untuk meningkatkan kesejahteraan para petani nilam.

Oleh sebab itu, Rektor berharap dedikasi Syaifullah ini dapat menjadi motivasi bagi dosen USK lainnya untuk terus berkarya dan berarti bagi masyarakat secara luas.

“Perkembangan ARC selama ini tidak lepas dari kepemimpinan Syaifullah. Tentu saja, kami sangat bangga atas prestasi beliau ini. Mudah-mudahan prestasinya ini menginspirasi dosen USK lainnya,” ucap Rektor.