Dua Peserta Ikuti UTBK Susulan

30.07.2020 Humas

Sebanyak dua orang peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mengikuti ujian susulan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Gedung TIK Universitas Syiah Kuala, Kamis (30/7/2020).

Kepala Humas Unsyiah, Chairil Munawir ST, SE., MM menyebutkan kedua peserta ini mengikuti ujian susulan dikarenakan mengalami kendala kesehatan dan keselamatan saat ujian sesi pertama 5-14 Juli lalu.

Satu peserta terjebak lockdown di Malaysia, sedangkan satu peserta lagi sakit, sehingga keduanya tidak dapat mengikuti ujian UTBK saat itu. Ujian susulan ini merupakan kebijakan LTMPT yang diterapkan tahun ini, seiring perkembangan Covid-19 yang meluas di Indonesia.

“Pelaksanaan UTBK tahun ini sangat memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta, untuk itu ada ujian susulan bagi mereka yang memenuhi persyaratan yang ditentukan,” ujar Chairil.

Menurutnya tidak semua peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian susulan. Hanya peserta yang melapor dan memberikan alasan serta bukti kuat sebagai pertimbangan protokol Covid-19. Pertimbangan ini menjadi dasar persetujuan permintaan relokasi yang diputuskan oleh Pusat UTBK PTN. Kemudian Pusat UTBK PTN mengevaluasi dan mengajukan permohonan kepada LTMPT.

Chairil menambahkan ujian susulan UTBK ini berlangsung aman dan lancar. Walaupun hanya diikuti dua peserta, panitia tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (Humas Unsyiah/fer)