Dua Prodi FKH USK Raih Akreditasi Unggul

20.09.2021 Humas

Dua Program Studi Fakultas Kedokteran Hewan  Universitas Syiah Kuala yaitu Pendidikan Dokter Hewan (tingkat sarjana) dan Profesi Dokter Hewan, berhasil meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia.  Pengakuan tersebut berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes yang diterbitkan pada pada 18 September 2021 lalu. (Banda Aceh, 20 September 2021).

Dekan FKH USK drh. Teuku Reza Ferasyi, M.Sc., Ph.D menjelaskan, SK LAM-PTKes tersebut bernomor: 0356/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2021 untuk hasil akreditasi Prodi Pendidikan Dokter Hewan dan SK Nomor: 0357/LAM-PTKes/Akr/Pro/IX/2021 untuk Pendidikan Profesi Dokter Hewan.

Reza Ferasyi mengungkapkan, keberhasilan dua prodi ini meraih akreditasi unggul terasa istimewa. Alasannya, karena inilah untuk pertama kalinya ada prodi untuk tingkat sarjana dan profesi di bawah FKH Indonesia yang meraih unggul. Di mana proses akreditasi oleh LAM-PTKes ini menggunakan format dokumen berdasarkan pada sembilan kriteria.

Karena itulah, Reza Ferasyi menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini. Menurutnya, prestasi yang membanggakan ini tidak lepas dari kerja sama yang solid dari sivitas FKH USK.  

“Alhamdulilillah, semangat kebersamaan di FKH menjadi modal penting atas keberhasilan ini. Dan tentu saja, dukungan kuat dari pimpinan USK menjadikan kami lebih bersemangat untuk mencapai akreditasi unggul ini,” ucapnya.

Sebelumnya, pada awal tahun 2021 FKH USK juga berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2015 untuk  Sistem Manajemen Mutu bertaraf internasional. Untuk itulah Reza Ferasyi mengungkapkan, hasil akreditasi unggul ini kian memperkuat persiapan FKH USK untuk target selanjutnya, yaitu akreditasi internasional melalui lembaga ASIIN di Jerman yang direncanakan pada tahun depan.

Sementara itu, Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng IPU., ASEAN.Eng menyampaikan rasa bangganya atas raihan akreditasi unggul ini. Kebanggaan ini tidak hanya bagi USK, tapi turut bagi masyarakat Aceh. Keberhasilan ini sekaligus  menjadi kado istimewa pada Milad USK yang ke 60 tahun.

Bagi USK, akreditasi unggul ini adalah yang kesekian kalinya. Sebelumnya, prestasi yang sama berhasil dicapai oleh Fakultas Kedokteran pada awal Agustus lalu. Karena itulah, Rektor menilai pencapaian ini sangat berarti dalam upaya meningkatkan daya saing USK baik nasional dan internasional. Mengingat akreditasi LAM-PTKes ini sudah direkognisi oleh lembaga World Federation for Medical Education (WFME) sejak tahun 2018.

“Keberhasilan ini semoga bisa memotivasi seluruh prodi di USK untuk meraih akreditasi unggul. Inilah komitmen kita, yaitu mendorong setiap prodi untuk meraih akreditasi terbaiknya, sehingga target USK menjadi 500 besar world class university segera tercapai,” ucap Rektor.