Enam Mahasiswa USK Ikut Program Excange ke Asia dan Eropa

14.08.2022 Humas

Enam mahasiswa Universitas Syiah Kuala berhasil lolos program pertukaran mahasiswa (exchange) Indonesian International Students Mobility Award (IISMA) 2022 dengan negara tujuan Asia dan Eropa.

Para mahasiswa ini dilepas oleh Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan serta turut disaksikan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) USK Dr. Muzailin Affan, M.Sc di Ruang Kerjanya. (Banda Aceh, 12 Agustus 2022).

Adapun dari keenam mahasiswa tersebut tiga di antaranya berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu  Narid Sulhan Maulana dengan kampus tujuan Hanyang University di Korea Selatan. Lalu Rifdah Khalisah dan T. Aisya Humaida dengan kampus tujuan masing-masing di University Kebangsaan Malaysia.


Sementara tiga lainnya yaitu Miftah Mardhatillah Mukammil dari Fakultas Hukum, dengan kampus tujuan University of Pisa di Italia, Laras Nauna Izzati dari Fakultas Kelautan dan Perikanan dengan kampus tujuan University of Zagreb di Kroasia, dan Muhammad Raihan Ramadhan Tatroman dari Fakultas Kedokteran dengan kampus tujuan University of Warwick, United Kingdom.



Rektor menyampaikan selamat dan rasa bangganya atas prestasi para mahasiswa USK tersebut. Mengingat proses seleksi program pertukaran mahasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini sangat selektif. Ada banyak tahapan seleksi yang harus mereka ikuti.

Untuk itulah, pada kesempatan ini  Rektor turut menyampaikan syukur karena jumlah mahasiswa USK yang lolos program IISMA tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya empat orang. Kepada mahasiswa, Rektor berpesan agar memanfaatkan kesempatan belajar selama satu semester ini dengan sebaik mungkin untuk mengenal budaya dan memperluas jejaring pada perguruan tinggi tujuan.

Selain itu, Rektor juga mengingatkan mereka untuk menjaga nama baik USK melalui sikap dan prilaku yang baik, serta mampu mengenalkan lebih luas nilai-nilai yang ada di USK maupun Indonesia.


“Ini kesempatan yang baik untuk belajar dan mengenal iklim akademik kampus luar. Kita juga berharap prestasi mahasiswa USK ini bisa memotivasi mahasiswa lainnya, untuk meraih kesempatan yang sama di tahun depan,” ucap Rektor.