Fakultas Keperawatan Unsyiah Kembali Gelar AINC

22.08.2019 Humas

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala kembali melakasanakan  Aceh International Nursing Conference (AINC) untuk yang kedua kalinya mulai tanggal 21 – 23 Agustus 2019. Kali ini, AINC mengangkat tema “Overcoming Global Health Challenges Through Nursing Education, Research and Technology”, dan dibuka oleh Wakil Rektor IV Unsyiah Dr. Hizir di Hotel Grand Permata Hati. (Banda Aceh, 21/08).

Dr. Hizir dalam sambutannya mengatakan, bahwa dia percaya konferensi internasional yang kedua kali ini dapat terlaksana sukses seperti tahun lalu. Sebab hal ini sejalan dengan cita-cita Unsyiah untuk menjadi pusat penelitian dan pendidikan ilmu keperawatan di Indonesia.

“Konferensi ini juga adalah bagian dari kontribusi Unsyiah dalam meningkatkan ilmu keperawatan dan kesehatan yang lebih berkualitas,” ucapnya.

Untuk itulah, Unsyiah bangga bisa turut serta menjadi bagian pada konferensi yang melibatkan para ahli keperawatan di berbagai dunia ini. Dalam beberapa tahun ini, Unsyiah telah melakukan pembinaan yang berkelanjutan untuk pendidikan keperawatan

“AINC adalah upaya kita untuk memfasilitasi institusi, fakultas, peneliti  dan pengambil kebijakkan, sekaligus untuk menjembatani antara ilmu pengetahuan dan praktek,” ucapnya.

Dekan Fakultas Keperawatan Unsyiah Dr. Hajjul Kamil, S.Kp.,M.Kep, mengungkapkan bahwa AINC kali ini sangat penting baik bagi peneliti maupun para pengambil kebijakkan di bidang kesehatan. Untuk itulah ia berharap, konferensi ini bisa menguatkan silaturrahim pada semua pihak yang terlibat di dunia keperawatan, sehingga bisa menyebarkan pengetahuan ilmu keperawatan.

“Inilah kesempatan kita untuk mempertemukan para akademisi dan praktisi dalam pelayanan kesehatan.  Saya berharap kolaborasi keduanya bisa meningkatkan profesionalitas keperawatan di Indonesia,” ucapnya.

Panitia Pelaksana Dr. Marthoenis Moersalin menjelaskan, Konferensi ini melibatkan 120 orang peserta, dengan jumlah paper yang akan dipresentasikan sebanyak 62 paper.

“Semua paper tersebut ditargetkan bisa dipublikasi pada jurnal internasional Taylor and Francis yang berpusat di London,” ucapnya.

Adapun yang menjadi Keynote Speech pada konfrensi ini adalah Kepala Pusat Studi Keperawatan di Universitas Padjajaran Prof. Suryani, S.Kp., MH.Sc.,Ph.D. Exacutive Director of Australian College of Emergency Nursing, Liz Cloughessy dan Associate Professor KPJ Healthcare University College, Dr. Hajjah Aini.

AINC kali ini akan membahas isu-isu yang sangat penting dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Di antaranya adalah perawatan anak dan bersalin, perawatan darurat, perawatan orang dewasa, kesehatan masyarakat, manajemen keperawatan, perawatan geriatri, keluarga dan masyarakat, perawatan psikiatri dan kesehatan mental.