FKep USK Perkuat Kolaborasi Antar Bangsa dan Profesi dengan Konferensi Ilmiah

02.10.2022 Humas

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala sukses menyelenggarakan The 5th Aceh International Nursing Conference (AINC 5). Kegiatan ini didukung oleh Universitas Awal Bros, dan STIKES Medika Nurul Islam sebagai Co-Host,
berlangsung 29-30 September 2022.

'Achieving Global Community Health Through Innovation and Professional Collaboration', merupakan tema yang dipilih pada konferensi tersebut. Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU dengan resmi membuka kegiatan itu.

Secara simbolis ditandai dengan tabuhan rapai, yang ikut didalamnya Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU, Dr. Teuku Tahlil, S.Kp. MS (Dekan FKep), Dr. Ns.Darmawati, S.Kep.,M.Kep.,Sp.Mat (Chair of 5th AINC) serta dua orang keynote speaker.

"Konferensi seperti ini adalah kesempatan yang lebih baik untuk berbagi pengetahuan dan berkolaborasi antar negara. Kesempatan ini kita manfaatkan melalui forum ilmiah, yang insya allah mendatangkan manfaat bersama," kata Prof Marwan.

Ia menjelaskan, persoalan pendidikan merupakan hal urgent dalam kehidupan. Pandemi Covid-19, di luar kemudharatan yang dihadirkan, sesungguhnya ada banyak hikmah didalamnya. Ada banyak inovasi yang lahir, karena situasi tersebut. Keadaan, telah menempa banyak ilmuwan untuk menelurkan pikirannya, baik hasil riset maupun, turunannya dalam bentuk produk.

Sementara itu, Ketua panitia, Dr. Ns. Darmawati, M.Kep., Sp.Mat dalam pembukaan menyampaikan, selama 5 tahun berturut-turut, AINC telah memberikan kontribusi penting, khususnya dalam membangun konektivitas antara peneliti, praktisi, maupun akademisi dalam dunia keperawatan dan kesehatan melalui penelitian yang dipublikasikan.

"Kami berharap, bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat di seluruh dunia, yang belum pulih secara total dari dampak pandemi Covid-19. Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi antar profesi melalui berbagai inovasi dan kolaborasi," jelasnya.

Kegiatan ini menghadirkan keynote speaker ternama antara lain, Miranda Thurston, BSc., MSc, MBA, Ph.D (Inland Norway University of Applied Sciences, Norway), Borge Baklien, Ph.D (Inland Norway University of Applied Sciences, Norway), Prof. Dr. Rr. Tutik Sri Harianti, S.Kp, MARS (Universitas Indonesia), Heeseung Choi, Ph.D, MPH/MSN, RN (Seoul National University, South Korea) dan Dr. rer.med. Ns. Marthoenis, MSc, MPH (Universitas Syiah Kuala).

Konferensi ini juga melaksanakan parallel session. Dimana lebih dari 80 peneliti dari berbagai negara mempresentasikan hasil penelitiannya baik secara offline maupun online. Pada penutupan kegiatan, ketua panitia menyampaikan, bahwa semua artikel yang dipresentasikan dalam forum itu, berpeluang untuk masuk ke dalam jurnal internasional bereputasi.